Logo BBC

Mengenang Ging Ginanjar, Jurnalis Kawakan yang Humoris

- BBC News Indonesia
- BBC News Indonesia
Sumber :
  • bbc

Semula dikenal sebagai aktivis kebebasan pers dan seniman teater, Ging Ginanjar, wartawan BBC Indonesia dan pendiri Aliansi Jurnalis Independen yang baru saja meninggal dunia, tampil sebagai jurnalis dan menggelutinya secara total.

Pria kelahiran 1964 ini mengawalinya sebagai wartawan Harian Gala di Bandung pada tahun 1980an akhir, sebelum bergabung ke Tabloid Detik yang didirikan Eros Djarot dan kawan-kawan -yang akhirnya dibredel pada 21 Juni 1994 bersama majalah Tempo dan Editor .

Tindakan pembredelan ini, seperti tercatat sejarah, kemudian melahirkan perlawanan dari kalangan jurnalis muda yang ditandai kelahiran Aliansi Jurnalis Independen, AJI, 7 Agustus 1994 - dan Ging berada di pusaran inti perlawanan itu.

Ging bersama AJI kemudian melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Presiden Soeharto dengan menerbitkan Suara Independen - yang dikerjakan dan disebarkan `di bawah tanah`.

Di penghujung kekuasaan Suharto, Ging pernah mendekam di penjara setelah ditangkap pada 10 Maret 1998 saat digelar Kongres Rakyat Indonesia (KRI) yang bermaksud "memilih secara simbolik presiden versi rakyat".

Bersama beberapa seniman dan aktivis kebebasan pers, Ging dinyatakan bersalah, tetapi dibebaskan pada hari itu juga. Sehari kemudian Suharto menyatakan mundur sebagai presiden dan digantikan oleh B.J. Habibie.

Setahun setelah reformasi 1998, pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat ini, bergabung K antor Berita Radio , atau sering disebut KBR . Di sini Ging banyak meliput kegiatan seni.