Sore Ini, Gunung Agung Erupsi Dua Kali

Gunung Agung erupsi.
Sumber :
  • PVMBG

VIVA – Hari ini, Gunung Agung meletus sebanyak dua kali. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) letusan pertama terjadi pada pukul 16.45 WITA namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 52 detik.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

15 menit kemudian atau tepatnya pada pukul 17.00 WITA Gunung Agung kembali erupsi. Lagi-lagi tinggi kolom abu tidak teramati lantaran visual puncak gunung tertutup kabut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 17 detik.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana menjelaskan, erupsi terjadi karena kelebihan tekanan di dalam perut gunung setinggi 3.142 mdpl itu. "Tekanan ini bisa bersumber dari material magma yang naik secara masif maupun berupa gas-gas magmatik yang naik sedikit-sedikit untuk kemudian terakumulasi di kedalaman tertentu," ujar Devy di Denpasar, Senin 21 Januari 2019.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Menurutnya, pada kondisi di mana lapisan penutup atas tidak mampu menahan tekanan ini, maka erupsi terjadi. Di sisi lain, hujan juga menjadi salah satu faktor eksternal yang bisa memengaruhi aktivitas gunung api.

"Faktor eksternal lain yang bisa memengaruhi aktivitas gunung api bisa juga gempa tektonik dan lain-lain," katanya.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

"Namun demikian, perlu diingat bahwa bukan hujan yang menyebabkan erupsinya, tapi memang karena ada kelebihan tekanan di dalam tubuh gunungnya sehingga erupsi terjadi. Adapun hujan hanya menjadi faktor pemicu dari luar, hanya jika gunung apinya sedang kelebihan tekanan. Tidak semua gunung api langsung reaktif meletus karena hujan." (mus)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024