KNKT: Butuh Waktu Panjang untuk Analisa CVR Lion JT-610

Penemuan Black Box Lion Air JT 610
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjono Tjahjanto mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menganalisa rekaman Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT-610. CVR itu baru saja ditemukan dan diangkat oleh tim penyelam TNI AL dari kedalaman 35 meter di perairan ujung Kerawang. 

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

"Kita sekarang lagi taraf analisa dari hasil pembacaan dari black box kemarin itu. Kita harapkan tidak lama lagi lah, mungkin sekitar kurang dari satu tahun analisa report itu sudah bisa kita keluarkan," kata Soejono kepada awak media di Kantor Menko Maritim, Jakarta Pusat, Senin 21 Januari 2019.

Ia menjelaskan, proses membuka CVR baru bisa dilakukan dalam waktu dua hari lebih. Setelah itu, pihaknya baru memulai proses mengunduh rekaman suara, dan memfilter seluruh suara yang terekam di CVR untuk kemudian dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu transkrip. 

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Menurut Soerjono, sejauh ini pihaknya masih dalam tahap membersihkan noise atau rekaman yang sempat terekam oleh CVR selama dua jam sebelum pesawat jatuh. 

"Yang pasti kondisi CVR masih hidup sampai sekarang, sudah kita donwload, kita cek suara bersih, sedang dianalisa dan sedang kita transkrip. Memang kemarin didengarin ada noise, kita putar sampai 100 kali baru kedengaran kata-katanya, sangat jelas, tapi kadang ada yang berisik, kita harus terapkan trik-trik sehingga suara yang kita inginkan lebih jelas," ungkapnya.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

Selain itu, dalam menganalisa penyebab jatuhnya pesawat Lion Air itu, pihaknya juga akan tetap meminta bantuan kepada pihak KNKT Amerika dan pihak Boeing untuk menganalisa lebih jauh penyebab terjadinya kecelakaan pesawat nahas tersebut. Sehingga ia memastikan laporan final baru akan selesai setelah melewati proses panjang tersebut.

"Iya kurang dari setahun, kita berusaha mempercepat kalau bisa besok ya besok, kita usahakan secepatnya, mudah-mudahan Agustus sudah bisa." (mus)
 

Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024