BNPB Minta Pejabat Daerah Ikut Jaga Jalur Evakuasi Bencana

Kepala BNPB Doni Monardo
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengingatkan pejabat daerah untuk menjaga jalur evakuasi bencana yang sudah ada. Salah satu contohnya di Kabupaten Sumur, Banten tempat lokasi tsunami Selat Sunda.

Gempa M 6,1 Guncang Pasaman Barat, BNPB: 2 Meninggal, 20 Luka-luka

Dijelaskan Doni, perangkat desa perlu menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun pemerintah harus terus dilakukan.

"Jalur evakuasi harusnya dirawat oleh perangkat desa, juga melalui sosialisasi ke masyarakat. Setelah dibangun oleh pemerintah, itu harus terus digalakkan," kata Doni usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Januari 2019.

BNPB: Daerah-daerah yang Punya Isoter Rendah, Kematiannya Tinggi

Doni menambahkan, soal mitigasi pun perlu dilatih, agar nantinya masyarakat tidak kebingungan akan ke mana ketika terjadi gempa dan tsunami.

"Soal fasilitas, dijaga baik pada saat kerja, di luar jam kerja, hari libur, pagi dan sore. Juga untuk mitigasi bencana kalau tidak dilatih kan bingung akan ke mana," ujarnya.

510 Rumah Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang di Yogyakarta

"Masih banyak tugas kita untuk bersiap menghadapi bencana. Perlu sinergitas dari berbagai pihak," tuturnya. (art)

Banjir terjadi di Serang, Banten

BNPB: 3 Warga Meninggal dan 2 Hilang Akibat Banjir di Serang

Sebanyak 2.413 KK yang tinggal di 2.413 rumah masih terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) antara 50-200 sentimeter.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022