Soal Pembebasan Abubakar Ba'asyir, Yusril Serahkan pada Pemerintah

Yusril Ihza Mahendra mengunjungi narapidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (tengah) di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 18 Januari 2019.
Sumber :
  • Dok. Yusril Ihza Mahendra

VIVA – Kuasa hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, dia telah melaksanakan tugas yang diberikan Presiden Jokowi terkait rencana pemberian bebas bersyarat kepada Abubakar Ba’asyir. 

Sekjen PDIP dan Yenny Wahid Setuju dengan Gus Ipul Jangan Pilih Paslon Didukung Abu Bakar Baasyir

"Bahwa kemudian ada perkembangan baru di internal Pemerintah setelah rapat koordinasi di Kantor Menko Polhukam dan statement Pak Wiranto yang akan mengkaji ulang dan mempertimbangkan kembali pembebasan Abubakar Ba’asyir, hal itu merupakan kewenangan pemerintah yang dihormati," kata Yusril melalui keterangan persnya, Selasa 22 Januari 2019.

Menurut Yusril, segala pertimbangan telah disampaikannya kepada Presiden, termasuk hasil pembicaraannya dengan Abubakar Ba’asyir beberapa waktu lalu.

Gus Ipul Bilang Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Baasyir, Pihak Amin Merespons Begini

“Yang penting bagi saya adalah, tugas yang diberikan Presiden sudah saya laksanakan. Bahwa kemudian ada perkembangan dan kebijakan baru dari pemerintah, maka saya kembalikan segala sesuatunya kepada pemerintah," demikian Yusril menjelaskan.

Menurut Yusril dirinya telah menelaah dengan seksama isi Undang undang nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP 28 Tahun 2006 dan PP 99 Tahun 2012 khusus terkait dengan pembebasan bersyarat.

Abu Bakar Ba'asyir Dukung Anies, TKN: Warga NU Harus Pilih yang Sejalan dengan Pancasila

Rencana pembebasan Ba’asyir didasarkan pada pertimbangan kemanusiaan, karena usianya yang sudah lanjut dan kondisi kesehatannya yang makin menurun. Selanjutnya apa langkah pemerintah ke depan, Yusril belum bisa memastikan. 

“Marilah kita tunggu perkembangan selanjutnya. Semoga ada keputusan yang terbaik bagi Ustaz Abubakar Ba’asyir dan bagi kita bangsa Indonesia seluruhnya," katanya. (mus)

Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya

PBNU Buka Suara soal Seruan Gus Ipul Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Ba'asyir

Ketua umum PBNU Gus Yahya merespons pernyataan Sekjen PBNU Gus Ipul yang minta warga NU agar tidak memilih pasangan Capres-Cawapres yang didukung Ustaz Abu Bakar Ba'asyir

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024