Hari ini, Pendaftaran Ujian Masuk PTIKN 2019 Mulai Dibuka

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Kementerian Agama meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) 2019.

Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini! Simak Cara Daftarnya di Sini

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat menyeleksi para calon terbaik mahasiswa yang akan memasuki kampus. 

"Kami terus berupaya secara terencana mendapatkan calon mahasiswa yang kelak mengenyam pendidikan yang lebih tinggi," ujar Lukman saat peluncuran SPAN-UM-PTKIN di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Januari 2019. 

Catat Daftar Masuk PTKIN Jalur SPAN dan UM Mulai Februari 2022

Dengan harapan, kata dia, ketika mahasiswa ini terjun ke masyarakat bisa memberikan sumbangsih dalam menjaga upaya kehidupan beragama di Indonesia. 

Selain itu, kualitas PTKIN harus memberikan dampak bukan hanya bangsa tetapi peradaban di tengah teknologi, serta bukan hanya pembelajaran tetapi input kualitas mahasiswa. 

Simak Jadwal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021

"Inilah fase bisa mendapatkan input yang baik karena proses sehebat apapun jika input-nya tidak baik maka hasilnya tidak baik,” ujarnya menambahkan. 

Ketua SPAN-UM PTKIN Musafir Pababbari menuturkan, seleksi masuk PTKIN ini mulai dibuka hari ini, Rabu, 23 Januari-28 Februari 2019. Kemudian, untuk seleksi administrasi akan dilakukan pada 8 Maret-15 Maret 2019 dan tahap kedua pada 20-22 Maret 2019. "Pengumuman hasil seleksi 1 April 2019," katanya. 

Nantinya, para calon mahasiwa yang sudah diterima atau lulus masuk ke PTKIN ini, melakukan daftar ulang dimulai pada 6-10 Mei 2019.

Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar itu menargetkan, calon mahasiswa yang mendaftar jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. "Untuk tahun ini, panitia menargetkan siswa yang mendaftar sebanyak 225 ribu,” ujarnya. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya