ASN Kemenag Sumbang Rp36 Miliar untuk Korban Bencana NTB dan Sulteng

Sumbang Korban Bencana NTB dan Sulteng, ASN Kemenag Kumpulkan Rp36 Miliar
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Kementerian Agama atau Kemenag menggelar rapat kerja nasional di Hotel Shangri La Jakarta, Rabu 23 Januari 2019. Rakernas ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Dalam acara tersebut, Sekjen Kemenag, Nur Kholis Setiawan menyampaikan laporan sumbangan sukarela yang telah dikumpulkan oleh aparatur sipil negara (ASN) Kemenag melalui Kepala Kantor Wilayah Kemenag maupun melalui pimpinan perguruan tinggi.

"Kami laporkan kepada semua dengan penuh rasa syukur, penuh haru, kami sampaikan bahwa sumbangan sukarela yang dikumpulkan untuk membantu saudara-saudara kita di NTB maupun di Sulawesi Tengah terkumpul sejumlah Rp36 miliar," kata Nur Kholis dalam acara Rakernas Kemenag, Rabu siang

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Nur Kholis mengatakan, untuk korban bencana di NTB, Kemenag berhasil mengumpulkan hampir Rp17,7 miliar dan telah disalurkan sekitar Rp15,8 Miliar. Masih ada saldo sekitar Rp1,2 miliar dan nanti akan dirapatkan lagi untuk dikelola sebagaimana mestinya.

Sementara itu, untuk korban bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah, terkumpul sebesar Rp18,5 miliar dan sudah disalurkan sebanyak Rp13,7 miliar. "Masih ada sisa saldo Rp6.7 miliar yang akan ditasharrufkan," ujarnya.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Sebagai bentuk tertib administrasi, tambah Nur Kholis, dana sebesar Rp36 miliar tersebut juga sudah dilaporkan pencatatannya di Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan. Sifat pelaporan tersebut adalah bantuan masyarakat untuk pemerintah.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman, Hakim Saifuddin, bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas empati dan rasa kebersamaan yang diberikan ASN Kemenag untuk membantu korban bencana yang terjadi 2018 tersebut.

"Alhamadulillah, kita bisa menghimpun Rp36 miliar untuk membantu masyarakat kita," kata Lukman. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya