Kemenag akan Tetapkan Biaya Haji 2019 pada 6 Februari

Sejumlah umat bermunajat di dinding Kabah bagian dalam Hijir Ismail di Masjidil Haram, Mekah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin angkat bicara mengenai progres Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun 2019. Sejauh ini, menurut Lukman, BPIH masih terus dibahas bersama dengan DPR. Jika tidak ada halangan, menurut Lukman, BPIH dapat ditetapkan pada tanggal 6 Februari 2019.

Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

"Komisi VIII, panja, terus melakukan pembahasan bersama pemerintah. Dan mudah-mudahan tanggal 6 Februari sesuai dengan jadwal mereka, kita sudah bisa tetapkan berapa biaya ibadah haji tahun 2019," kata Lukman di acara Rakernas Kementerian Agama, Rabu, 23 Januari 2019.

Saat ini, Kementerian Agama terus melakukan kajian dan mendalami terkait penetapan BPIH ini. Masyarakat diminta untuk sabar menunggu keputusan BPIH.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

"Jadi itu terus dibahas, kita mendalami, mengkaji, melihat, secara seksama. Oleh karena itu, saya berharap melalui media, masyarakat sebaiknya menunggu, karena ini proses yang belum selesai, masih berubah-ubah. Sebaiknya kita bersabar," ujarnya.

Lukman juga belum dapat memastikan apakah terjadi kenaikan atau penurunan pada BPIH tahun ini dibanding dari BPIH tahun sebelumnya. Karena naik atau tidaknya juga ditentukan dengan harga nilai tukar dolar terhadap rupiah.

Kuota 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Sekarang kurs rupiah sudah 10.000 rupiah lebih. Tahun lalu saja ketika BPIH ditetapkan di tahun 2018, kurs rupiah per 1 dolar adalah Rp13,388 kalau tidak salah, sekarang sudah Rp14.000 sekian, sudah hampir seribu selisihnya," ujarnya. (ase)

Ribuan Jamaah Haji Lakukan Thawaf

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Irjen Kemenag, Faisal Ali Hasyim terus lakukan pendampingan implementasi program dan kinerja pada triwulan kedua 2024, salah satunya terkait persiapan keberangkatan haji.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024