Pinjam Uang Online untuk Kebutuhan Mendesak, Apakah Bijak?

Pinjam Uang
Sumber :

Layanan pinjam uang online menawarkan proses pencairan dalam waktu instan. Untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak, mengajukan pinjaman ke lembaga tersebut adalah sebuah solusi.

Rendahnya Literasi Keuangan Picu Meningkatnya Korban Pinjol Ilegal

Namun, apakah bijak untuk melakukan hal ini?

Hidup memang tak selalu berjalan mulus, apalagi dalam urusan keuangan. Ada kalanya di mana kita butuh dana tambahan untuk berbagai keperluan yang sifatnya mendesak.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Memang, dalam perencanaan keuangan, idealnya setiap orang memiliki dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun, jika dana tersebut tidak ada, tentunya kita harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Menawarkan proses pendaftaran dan pencairan yang serba mudah dan cepat, layanan pinjam uang online adalah salah satu solusi yang bisa dipilih.

Cara Mengelola THR Agar Bisa Bawa Pulang HP Idaman

Apabila kebutuhannya benar-benar mendesak, pencairan instan tentu menjadi satu faktor yang paling dicari.

Namun, jangan sampai kebutuhan tersebut membuat kita tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti besaran bunga, hingga keamanan.

Sebenarnya, sah-sah saja untuk pinjam uang ke lembaga online, namun akan menjadi kurang bijak jika kita tidak melakukan sejumlah hal di bawah ini terlebih dahulu.

Pilih lembaga pinjaman online dengan informasi yang transparan

Akibat dipaksa oleh keadaan, banyak orang yang gegabah dalam mengajukan pinjaman. Mereka tak melihat kembali deskripsi bunga, denda, dan hal-hal lain yang nantinya akan mempengaruhi jumlah pinjaman.

Pada akhirnya, tagihan pun membengkak dan pinjaman online yang seharusnya memudahkan, justru menjadi bumerang.

Untuk itu, pilih lembaga pinjaman online yang secara transparan memberikan informasi mengenai segala biaya yang dikenakan, mulai dari bunga, biaya administrasi, biaya denda, dan sebagainya.

Salah satunya Kredivo, yang memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit untuk digunakan belanja online, atau dicairkan dalam bentuk dana tunai.

Bunga yang dikenakan Kredivo paling rendah dibandingkan lembaga sejenis, yaitu sebesar 2,95% per bulan.

Khusus layanan Pinjaman Tunai, terdapat biaya administrasi sebesar 6% yang akan dipotong langsung dari dana yang akan dikirim ke rekening.

Untuk angsuran yang telat dibayar, Kredivo mengenakan biaya keterlambatan sebesar 3%.

Simulasi kredit atau cicilan dengan Kredivo juga ditampilkan di awal secara transparan sebelum nasabah menyetujui perjanjian cicilan. Jadi, tidak ada biaya tersembunyi.

Pastikan pinjaman digunakan untuk hal produktif

Ada dua jenis utang di dunia ini: utang produktif dan utang konsumtif. Orang-orang yang terjerat dalam lingkaran utang biasanya berutang untuk kebutuhan konsumtif.

Untuk itu, coba tanyakan lagi pada diri: masuk ke kategori manakah kebutuhan mendesak yang kita maksud? Produktif atau konsumtif?

Utang produktif digunakan untuk kebutuhan yang tak bisa lagi ditunda, bukan untuk berfoya-foya semata. Renovasi rumah, biaya kesehatan, dana pendidikan, atau biaya pernikahan bisa dikatakan sebagai kebutuhan mendesak yang produktif.

Sedangkan jika kebutuhan mendesak yang dimaksud adalah untuk menutup tunggakan utang lainnya, sebaiknya hilangkan keinginan untuk berutang!

Jumlah pinjaman harus sesuai dengan kemampuan kita

Sekalipun kita berutang untuk hal yang bermanfaat, bukan berarti kita tidak memperhitungkan kemampuan untuk membayarnya kembali.

Rasio cicilan yang sehat tidak akan melebihi 30% gaji bulanan yang didapatkan. Lebih dari itu, bisa-bisa arus keuangan malah jadi berantakan.

Menghitung rasio utang sangat penting dilakukan supaya kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar tanggung jawab kita. Jangan sampai kebutuhan harian menjadi terganggu karena jumlah utang melebihi kemampuan kita!

Pinjaman uang online sebenarnya sangat membantu keuangan kita, apalagi dalam keadaan mendesak. Namun tentu saja, utang tetaplah utang, tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Untuk menghasilkan manfaat dari sebuah utang, kita tidak boleh gegabah dan harus bijak dalam mengelolanya. Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa kamu telah memikirkannya dengan matang.

Selamat berutang dengan bijak!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya