Jawaban Jokowi Ditanya Ibu-ibu soal Penggusuran Jika Terpilih Lagi

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) menghadiri Harlah ke-73 Muslimat NU, doa bersama untuk keselamatan bangsa dan maulidrrasul di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Saat memberi arahan pada program Mekaar Permodalan Nasional Madani (PNM) di Muara Gembong Bekasi, seorang ibu mengajukan pertanyaan ke Presiden Joko Widodo. 

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Usai berdialog dengan dua kader Mekaar, Jokowi memang memberi kesempatan kepada ibu-ibu untuk bertanya. Lalu, seorang ibu langsung mengangkat tangan dan bertanya. 

"Kalau Pak Jokowi naik (jadi Presiden lagi periode kedua), yang di bantaran kali akan digusur?" tanya seorang ibu itu ke Jokowi, Rabu 30 Januari 2019.

Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling

Jokowi terlihat kaget, ada isu seperti itu. Apalagi, yang ditanyakan adalah isu baru yang belum pernah ia dengar. 

Jokowi menjelaskan, bagaimana ia waktu kecil justru tinggal di bantaran kali di Solo Jawa Tengah. Bahkan, ia merasakan sakitnya saat itu, saat ia digusur oleh pemerintah setempat. 

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

"Saya tahu beratnya dan sakitnya digusur. Jadi enggak usah saya jawab, pengalaman saya menjadi selalu teringat di sini (kepala) saya," kata Jokowi.

Ibu yang bertanya tersebut, ingin benar-benar memastikan ke Jokowi bahwa isu penggusuran kalau ia jadi Presiden lagi, tidak benar. Hingga Jokowi mengatakan, tidak ada. 

Hanya dia mengingatkan, agar warga yang tinggal terlalu dekat dengan bibir sungai untuk waspada. Apalagi jika terjadi banjir bandang. Mengingat, cuaca yang ekstrem dengan curah hujan tinggi. 

Jokowi memastikan kembali, informasi dari mana yang menyebutkan akan ada penggusuran jika Jokowi jadi presiden. Ternyata, hanya kabar saja. Bahkan, diberi jaminan dengan keberadaan Bupati Bekasi, tidak ada penggusuran. 

"Katanya siapa. Ini ada pak bupati ini," kata Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya