Survei: Indeks Kepercayaan Warga Luar Jawa pada Polisi Lebih Tinggi

Ilustrasi penjagaan kantor polisi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA – Perusahaan riset Markplus Insight merilis indeks kepercayaan publik terhadap Polri. Hasilnya, warga di luar Jawa lebih simpati dengan polisi.

Pelihara Jenggot, Anggota Polres Lombok Tengah Kena Sanksi

Survei yang dilakukan Markplus melibatkan 29.250 responden acak yang berada di wilayah hukum 34 Polda dan 461 Polres. Survei lakukan dengan metode online survei, computer assisted telephone interview (CATI), computer assited personal interview (CAPI).

"Terdapat 110 Polres dan 1 Polda yang indeks kepuasannya di atas 90 persen dan itu mayoritas di luar Pulau jawa. Untuk indeks kepercayaan, ada 191 Polda dan 6 Polda yang di atas 90 persen, itu juga mayoritas di luar Pulau Jawa," ujar Chairman Markplus, Hermawan Kertajaya, di kantornya, Office 88, Jalan Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Februari 2019.

Bagaimana Orang Rusia Menggunakan Kode untuk Hindari Sensor dan Polisi

Tiga besar Polres di luar Jawa untuk indeks kepuasan adalah Polres Talaud (Sulawesi Utara), Polres Ende (NTT) dan Polres Sikka (NTT). Untuk Polres di Jawa, tiga besar indeks kepuasan adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Mojokerto dan Polres Tuban.

Sementara itu, untuk indeks kepercayaan, Polres yang mendapat indeks tertinggi di luar Jawa adalah Polres Padang Panjang, Polres Tebing Tinggi dan Polres Muara Enim. Selanjutnya untuk yang di Jawa adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Gunung Kidul dan Polres Mojokerto.

Polisi Australia Penembak Mati Pria Aborigin Divonis Tak Bersalah

Hermawan menerangkan, respondennya berasal dari kategori usia 21 sampai 25 tahun, dengan level pendidikan mayoritas SMA atau setingkat SMA. Dalam melakukan penelitian ini, Hermawan memastikan respondennya bukan berasal dari keluarga polisi.

"Sejumlah Polres dan Polda di luar Jawa yang mencapai indeks kepuasan dan kepercayaan di atas 90 persen menunjukan sangat baiknya hubungan antara polisi dan masyarakat di daerah. Sehingga masyarakat cenderung lebih mudah mengapresiasi apa yang dilakukan Polri," kata Hermawan.

Hermawan mengatakan, saat responden diajukan skala penilaian 1 sampai 6 untuk menunjukan tingkat kepuasannya dan kepercayaannya terhadap polisi, mayoritas memberikan nilai 4 dan 5. "Masih sedikit yang memberi nilai 6," jelasnya.

Hermawan juga menjelaskan ada empat poin yang mendasari penilaian terhadap Polri yakni kultur, penanganan isu terkini lalu manajemen media.

"Di urutan keempat ada kinerja. Empat poin itu berkontribusi besar dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri," kata Hermawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya