Mendiknas: Hingga 2011 UN Tetap Dilaksanakan

SURABAYA POST -- Hingga 2011, pemerintah tetap akan menyelenggarakan Ujian Negara (UN) sebagai syarat kelulusan siswa. Penegasan pelaksanaan UN itu disampaikan Mendiknas, M.Nuh di sela kunjungan bersama Menko Kesra, Agung Laksono, di SMA Khadijah dan SMK Negeri 1 Surabaya, Senin 7 Desember 2009 siang tadi. "UN tetap merupakan syarat mutlak untuk kelulusan seorang siswa," ujarnya.

UN, menurut M.Nuh, merupakan syarat sekaligus patokan bagi siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itulah dia tak berani mengambil risiko untuk meniadakan UN di tahun depan. 

Terkait dengan keputusan Mahkamah Agung yang menolak kasasi pemerintah terkait keputusan dari Pengadilan Tinggi Jakarta tentang pelaksanaan UN,  Mendiknas menegaskan UN tetap akan digelar hingga 2011 mendatang.

Alasannya, putusan MA itu tidak membahas sama sekali mengenai pelaksanaan UN, melainkan hanya berisi tentang peningkatan kualitas guru, sarana, dan prasarana sekolah, serta akses informasi pendidikan di daerah. "Ini kan sudah dilakukan pemerintah lewat anggaran pendidikan 20 persen itu," ungkapnya.

Menurut Menteri, yang paling penting untuk diketahui oleh publik adalah mengenai pelaksanaan UN yang masih akan dijalankan oleh Diknas. Hanya saja ada beberapa perubahan yang dikatakannya bukan lantaran dipengaruhi oleh keputusan MA tersebut.

"Pada program 100 hari Depdiknas, jelas sekali terlihat uipaya-upaya itu sedang dilakukan. Internetisasi di 17.500 sekolah misalnya," tegasnya.
 
Laporan: Arif Junianto