Awan Panas Guguran Terjadi di Gunung Merapi

Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Awan panas guguran kembali terjadi di Gunung Merapi, Kamis, 7 Februari 2019, sekitar pukul 18.28 WIB, dengan jarak luncur 2 kilometer.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kepala Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM), Sunarta, mengatakan luncuran awan panas guguran terpantau dari rekaman closed circuit television atau cctv. 

"Terpantau dari rekaman CCTV puncak terjadi awan panas guguran. Awan panas guguran ini mengarah ke Kali Gendol dengan jarak luncur 2 kilometer," ujar Sunarta saat dihubungi hari ini.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Sunarta menyebutkan, berdasarkan data dari PGM Merapi terpantau awan panas guguran terjadi dengan durasi 215 detik. Menurut dia, jika durasi awan panas guguran ini terlama dibandingkan awan guguran sebelumnya.

Sunarta menambahkan, jika saat ini kondisi Gunung Merapi masih aman bagi warga sekitar. Dia mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

"Masih aman. Radius bahaya masih 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Status Gunung Merapi masih waspada. Masyarakat tidak perlu panik dan tetap waspada," ujar Sunarta. (ren)

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024