Logo timesindonesia

Inspiratif, Komunitas Vespa Banyuwangi Sediakan Etalase Amal Jariyah

Penyerahan etalase ke Takmir Masjid Besar Al-Muttaqin Srono. (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Penyerahan etalase ke Takmir Masjid Besar Al-Muttaqin Srono. (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Wajah pemuda Vespa Banyuwangi kian lama terus berubah. Jika dulu terkesan abai kepada masyarakat, maka mereka yang tergabung dalam Vespa Banyuwangi Bersatu  bermetamorfosis menjadi sosok pemuda yang humanis dan sosialis.

Buktinya, sekumpulan pemuda yang sebagian besar anggota memiliki rambut gimbal tersebut kini membuat gerakan sosial berupa penyediaan etalase amal jariyah. Lokasinya ada di halaman Masjid Besar Al-Muttaqin Srono, Banyuwangi, Jawa Timur.

"Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin beramal dengan memberikan makanan berupa nasi bungkus atau sejenisnya yang ditaruh di etalase itu," kata Moh. Fikri Mustofa, Ketua Komunitas Vespa Banyuwangi Bersatu (VBB) kepada TIMESIndonesia, Jumat (8/2/2019).

Etalase tersebut, lanjut Fikri, bisa dimanfaatkan oleh siapa saja dan kapan saja. Siapapun boleh mengisi dan mengambil makanan atau minuman di etalase itu.

"Asalkan sehat dan halal, apa saja boleh. Silahkan bagi yang ingin beramal menyisihkan rejekinya bisa menaruh makanan atau minuman di etalase ini," terang Fikri. 

Anggota VBB lain, Dani, mengaku gerakan sosial oleh pemuda vespa bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, sejumlah program sosial lain seperti bedah rumah dan galang dana untuk korban bencana juga pernah dilakukan.

"Semoga ini bisa pemantik semangat masyarakat yang ingin beramal. Karena itu etalase ini sengaja kami taruh di halaman Masjid, supaya banyak orang yang mengetahui," ungkap Ajis anggota lain.