Rocky Gerung Kritik Presiden Jokowi Kaget Soal Tiket Pesawat dan Avtur

Rocky Gerung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Pengamat politik dan filsafat Rocky Gerung mengkritik banyaknya kekacauan yang terjadi di Indonesia hanya karena ketidakpahaman terhadap dalil-dalil dasar bernegara. Salah satunya adalah sikap Presiden Joko Widodo yang menunjukkan ketidaktahuannya bahwa Pertamina selama ini memonopoli harga avtur di bandara. 

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

"Presiden kaget kenapa harga tiket (pesawat) naik, ngapain kaget? Negara itu adalah pemegang saham Pertamina. Kok kaget bahwa Pertamina memonopoli perdagangan avtur?" kata Rocky di acara Indonesia Lawyers Club atau ILC di tvOne, dengan topik 'Potret Hukum Indonesia 2019: Benarkah Tajam Sebelah?', Selasa, 12 Februari 2019 malam. 

Menurut dia, sikap Kepala Negara seperti itu akan membuat masyarakat berpikir bahwa Presiden tidak mengerti hierarki perundang-undangan yang ada. "Kan orang jadinya berpikir, ini presiden tidak ngerti hierarki perundang-undangan apa. kenapa dia mesti kaget," ujarnya.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Rocky berkesimpulan, banyak sekali hal yang dipertontonkan saat tahun politik atau tahun pergantian kekuasaan ini. Termasuk sikap arogansi yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi belakangan ini yang juga menjadi sorotan. "Nah mental hukum seperti ini yang selalu saya kritik. saya mengkritik mental hukumnya ya," katanya. 

Rocky juga menekankan, sikap arogansi Jokowi merespons banyak isu tidak menunjukkan sikap toleransi sebagaimana yang sering disampaikan. "Cara Presiden Jokowi bereaksi akhir-akhir ini betul-betul memperlihatkan arogansi. Marah-marah, kemarin berupaya untuk memperlihatkan tubuh kekuasaan bukan tubuh kenegarawanan," kata Rocky. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dia menambahkan, "Dan itu membuat orang khawatir apa benar demokrasi kita berjalan kalau cara pemimpin mengorganisir tubuhnya sendiri itu memperlihatkan arogansi bukan toleransi." 

Sebelumnya, dalam sambutan di gala dinner HUT Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang ke-50, Senin kemarin, 11 Februari 2019, Presiden Jokowi bercerita soal bagaimana harga tiket pesawat naik tajam. 

Menurut Jokowi, dia juga baru tahu bahwa harga avtur dimonopoli oleh Pertamina sendiri. "Soal harga tiket pesawat, saya juga kaget. Saya juga baru tahu mengenai avtur, ternyata avtur yang dijual di Soekarno-Hatta itu dimonopoli oleh Pertamina sendiri," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi menegaskan, dia akan mengundang Direktur Utama Pertamina dan meminta pemerataan harga avtur. 

"Sehingga, besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina. Pilihannya hanya satu, harga avtur bisa sama dengan internasional tidak? Kalau tidak, saya masukkan kompetitor yang lain," ujar Presiden. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya