Rusak Parah, Jalur Evakuasi Gunung Merapi Segera Diperbaiki

Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta jalur evakuasi Gunung Merapi agar diperbaiki secepatnya. Ia menyebut jika sejumlah jalur evakuasi di Kabupaten Magelang, Klaten, dan Boyolali mengalami kerusakan cukup parah.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Kerusakan sejumlah jalur evakuasi Gunung Merapi itu diakibatkan oleh aktivitas penambangan yang over dimension and over load (ODOL) serta gerusan air hujan.

"Perbaikan akan segera dilakukan. Nanti yang mengerjakan daerah setelah bantuan keuangan sudah cair," kata Ganjar saat ditemui seusai Rapat Koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jateng di kantornya, Rabu, 13 Februari 2019.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Bantuan yang dimaksud Ganjar berasal dari keuangan provinsi. Menurutnya, percepatan perbaikan itu penting mengingat aktivitas erupsi Gunung Merapi kini terus terjadi, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi erupsi besar warga yang hendak mengungsi akan dimudahkan.

Selain soal jalan rusak, pemerintah juga memberikan edukasi kepada masyarakat di lereng Merapi dan memanfaatkan radio komunitas untuk membantu memberikan sosialisasi serta edukasi soal mitigasi kebencanaan. BPBD juga diminta selalu siaga di wilayah rawan bencana.

Momen Haru 2 Korban Erupsi Merapi Siska dan Frengki Diwisuda, Diwakili Orang Tua

"Jateng itu jadi supermarket-nya bencana. Punya gunung berapi, punya banyak sungai, dan laut. Ketika membangun rumah, lihat kondisi alam, konsultasi dengan pakar. Semua mesti peduli, mitigasi, dan paham mereka tinggal di daerah mana," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menyebut aktivitas Merapi saat ini telah kembali ke karakter aslinya setelah erupsi besar pada 2010. Karena itu, masyarakat juga perlu diajak membaca potensi kegempaan dan mitigasinya.

"Saat ini yang terjadi erupsi kecil-kecil. Yang harus diwaspadai justru awan panas," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya