Dalam 3 Tahun, Ratusan Generasi Milenial di Bali Tewas Kecelakaan

Ilustrasi olah TKP.
Sumber :
  • Instagram Satlantas Polres Probolinggo

VIVA - Sebanyak 1.561 anak muda atau biasa disebut generasi milenial di Bali mengalalami kecelakaan. Dari ribuan kecelakaan ini, sebanyak 603 anak muda generasi milenial meninggal dunia.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Untuk itu, pemerintah dan Polri mengampanyekan tertib berlalu lintas di Bali dalam acara Millenial Road Safety Festival. Bertempat di Lapangan Bajrasandi Renon, Denpasar, Bali, acara ini dihadiri oleh 80 ribu generasi milenial dan komunitas.

"Dalam tiga tahun ini di Bali sebanyak 1.561 orang generasi milenial mengalami kecelakaan. 603 meninggal dunia. Ini lebih dari perang di Syria," kata Kapolda Bali Inspektur Jenderal Polisi Petrus R Galose dalam sambutannya, Minggu, 17 Februari 2019.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Menurut Petrus, faktor keselamatan sangat penting bagi generasi milenial. Apalagi, kata Petrus, generasi milenial adalah generasi penerus dan akan memimpin bangsa Indonesia selanjutnya.

"Acara ini untuk melindungi generasi milenial dan calon pemimpin bangsa nantinya," katanya.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi kegiatan ini. Ia pun berharap setelah acara ini para generasi milenial menerapkan tertib berlalu lintas di jalanan.

"Apa yang diprakarasai ini harus menjadi teladan dan dilaksanakan agar selamat. Harapannya bangsa Indonesia bisa tertib berlalu lintas," katanya.

Pantauan VIVA, dalam acara ini juga dipecahkan rekor MURI tarian Bali Gemilang dengan peserta 80 ribu orang. Selain itu juga ada pameran mobil klasik dan motor gede serta deklarasi keselamatan berkendara dalam berlalu lintas.

Selain di Bali, acara Millenial Road Safety Festival juga diselenggarakan di Jambi dan Bangka Belitung.

Diketahui, kegiatan ‘Millenial Road Safety Festival 2019’ untuk mengampanyekan kesadaran berlalu lintas di jalan raya kepada generasi millenial berusia antara 16-35 tahun, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri mengatakan, acara Millenial Road Safety Festival 2019 akan dimulai pada 2 Februari-31 Maret 2019. Kegiatan diawali dari Jakarta dan dilaksanakan secara bergilir di 34 Polda.

Berdasarkan data Korlantas Polri, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia sejak 2011-2018 tercatat mencapai 30 ribu jiwa. Korlantas menargetkan pada 2020 mendatang angka kecelakaan bisa ditekan menjadi 15 ribu jiwa.

"Rasanya tidak bisa terwujud bila tidak dilakukan gerakan moral terhadap kelompok milenial karena korban kecelakaan selama ini didominasi kalangan muda usia 16 sampai 35 tahun,” kata Refdi.

Rencananya, acara puncak akan berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta, pada akhir Maret 2019 mendatang, dengan melibatkan kaum milenial dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan di antaranya touring sepeda motor dan aksi terjun payung. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya