Logo timesindonesia

Mata Garuda Jawa Timur Gelar Seminar Mitigasi Bencana

Dr. Amien Widodo, M. Si saat menerima cinderamata dari pihak Mata Garuda Jawa Timur (FOTO : NADYA RAHMA PUTRI / TIMES INDONESIA)
Dr. Amien Widodo, M. Si saat menerima cinderamata dari pihak Mata Garuda Jawa Timur (FOTO : NADYA RAHMA PUTRI / TIMES INDONESIA)
Sumber :
  • timesindonesia

Mata Garuda Jawa Timur, organisasi yang mewadahi para alumni LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang menggelar seminar bertajuk “Mitigasi Bencana Lahirkan Generasi Radar Bencana” yang diadakan di Aula Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang, Minggu (17/02/19).

Rohana Dwi Kartikawati,  ketua pelaksana mengatakan seminar ini diadakan agar seluruh masyarakat responsif terhadap bencana. Bagaimana cara menghadapi, mencegah dan menanggulanginya. Ini karena, Indonesia berada di Jalur pertemuan 3 Lempeng Tektonik, yakni Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng pasifik. Karena itu Indonesia menjadi kawasan yang rawan mengalami gempa bumi. Selain itu banyak bencana alam yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan seperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagai nya dan menjadi hal ini terjadi diberbagai daerah.

Pembicara seminar ini adalah Dr. Amien Widodo, M. Si selaku Ketua Pusat Studi Kebumian Iklim ITS 2012 - 2016. Beliau mengatakan pentingnya pertolongan untuk diri sendiri, karna ketika bencana tiba kita harus tau bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri sebelum menolong atau di tolong orang lain.

Selain itu Ir. Indira Gita selaku Kepala Seksi Pencegahan/Bidang PK BPBD Kota Malang mengatakan tentang pentingnya peran sekolah dan perguruan tinggi yang ikut membantu menanggulangi bencana melalui KKN atau program lainnya.

Selain kegiatan talkshow ada juga simulasi ketika terjadi gempa di gedung bertingkat oleh Dian Christanto dari BPBD yang diikuti oleh seluruh peserta seminar. 

Sebagai tambahan informasi, dalam seminar ini juga diadakan talkshow dengan para alumni penerima beasiswa LPDP. Sehingga selain para peserta seminar ini tahu tentang bagaimana tanggap dan responsif terharap bencana, mereka juga mendapatkan informasi tentang beasiswa LPDP. 

Sebagai tambahan informasi, dalam seminar yang digelar Mata Garuda Jawa Timur ini juga diadakan talkshow dengan para penerima beasiswa LPDP. Tujuannya, selain tahu tentang bagaimana tanggap dan responsif terharap bencana, mereka juga mendapatkan informasi tentang beasiswa LPDP. (*)