Viral Spanduk Jokowi Naik Motor, Polisi Bantah Kampanye Pilpres

Spanduk keselamatan lalu lintas bergambar Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Satria Zulfikar (Lombok)

VIVA – Spanduk bergambar Presiden Joko Widodo naik sepeda motor dipasang di sejumlah titik di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto tersebut merupakan kampanye lalu lintas.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Spanduk keselamatan lalu lintas terdapat di beberapa persimpangan jalan di Kota Mataram. Pada spanduk juga bertuliskan kalimat "Stop pelanggaran. Stop kecelakaan. Keselamatan untuk kemanusiaan. Ir. H. Joko Widodo Presiden RI."

Foto tersebut disponsori oleh Relawan Lalulintas Indonesia dan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, organisasi yang berafiliasi dengan kepolisian untuk mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas. Foto tersebut kemudian viral di media sosial. Banyak warganet mengaitkan dengan Pemilu 2019 dan mempertanyakan netralitas polisi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Direktur Lalu Lintas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Amin Lintarso membantah, pemasangan spanduk itu berkaitan Pilpres. Dia mengatakan, spanduk itu murni untuk kampanye lalu lintas dan berkaitan dengan program acara Millennal Road Safety Festival yang diselenggarakan polisi.

"Namanya keselamatan siapa saja boleh mengkampanyekan, justru kita ini mencari aktivis-aktivis keselamatan lalul lintas," ujarnya melalui sambungan telepon, Senin, 18 Februari 2019.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Dia mengatakan, spanduk tersebut akan diturunkan pada 3 Maret 2019 usai kegiatan Millennal Road Safety Festival.

Amin menjelaskan, pemasangan spanduk tersebut bukan hanya di NTB, tetapi di wilayah lain di Indonesia. "Karena angka kecelakaan lalu lintas setiap tahun mendekati angka 30 ribu. Di NTB sendiri 500 lebih kasus kecelakaan didominasi kalangan milenial," ujarnya.

Dia menambahkan, "Spanduk itu kita sadar untuk generasi milenial yang sering jadi korban kecelakaan.” (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya