Ke Kampung Siaga Bencana, Jokowi Ingatkan RI Jalur Cincin Api

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (tengah) usai mengikuti Debat Kedua Pilpres 2019
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menghadiri apel kampung siaga bencana di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglan, Banten. Lokasinya berada di bibir pantai. 

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia siap siaga menghadapi bencana yang mengancam. Sebab, RI merupakan jalur cincin api. 

"Sehingga, banyak daerah yang rawan gempa. Juga ada daerah rawan banjir, rawan longsor, ada beberapa daerah rawan tsunami dan bencana lainnya," jelas Presiden Jokowi, dalam sambutannya Senin 18 Februari 2019.  

Sekjen Gerindra Blak-blakan Akui Prabowo Sudah Mulai Bicara Menteri

Mendidik masyarakat akan sadar bencana, menurutnya, sangat penting. Hal ini juga dilakukan pemerintah di berbagai wilayah terus menerus. 

Melalui Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kesiapsiagaan bencana terus dilakukan di masyarakat dan sekolah. 

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Saya hanya ingin memastikan mendidik anak anak di kampung ini berjalan benar. Karena, kita tidak tahu kapan bencana datang," katanya. 

Dalam peninjauannya ke beberapa sekolahan di daerah itu, Jokowi juga mengingatkan permasalahan ini. Menurutnya, saat ini, sudah banyak anak-anak yang sadar bencana, tinggal diteruskan. 

"Tugas kita semuanya memberi tahu, agar kita betul-betul siap menghadapi setiap bencana yang ada. Jangan sampai kita enggak siap, enggak mengerti apa yang harus kita lakukan, sehingga korban jadi banyak," jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya