Anak Penderita Leukimia di Aceh Kirim Surat ke Ani Yudhoyono

Nurul, penderita leukimia dari Aceh berkirim surat ke Bu Ani Yudhoyono
Sumber :

VIVA – Seorang bocah penderita penyakit leukemia di Banda Aceh mengirim sepucuk surat kepada Ani Yudhoyono yang saat ini mengidap kanker darah. Dalam surat itu, ia menuliskan agar Bu Ani tetap kuat dan semangat.

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Nurul (11), menulis surat itu karena melihat kondisi Bu Ani yang sama dengannya. Sehingga ia memberi motivasi dalam tulisan yang dia buat untuk Ani Yudhoyono. Surat itu akan segera dikirimkan oleh pengurus rumah singgah Rumah Kita Ulee Kareng, Banda Aceh, tempat dimana Nurul diasuh sementara.

"Tadi malam (tulis). Buat kasih semangat pada Bu Ani yang penyakitnya sama dengan Nurul," kata Nurul saat dihampiri wartawan di rumah singgah, Senin 18 Februari 2019. Ia mengetahui Ani menderita kanker darah lewat televisi.

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

Nurul sendiri menderita penyakit leukimia limfoblastik akut atau penyakit yang disebabkan karena sel darah putih berlebihan dan tidak terkendali, sehingga menyebabkan fungsi normal darah terganggu. Penyakit ini telah mendera Nurul sejak ia masih berumur tiga tahun.

Penyakit itu membuat dirinya harus menjalani kemoterapi. Ia menjalani kemo sejak 2017 lalu, dan kini kondisinya semakin membaik. Dalam surat tersebut, Nurul ingin menguatkan istri Presiden keenam SBY itu, bahwa kemoterapi itu tidak sakit. Ia berharap Ani Yudhoyono tidak takut untuk di-kemo.

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

"Dulu Nurul di kemo sampe muntah, tapi tidak takut, karena di-kemo itu diinfus bukan dimasukkan dalam mesin. Jadi Ibu (Ani Yudhoyono) jangan takut ya di-kemo," ujar Nurul saat membaca tulisan yang dia buat untuk Ani Yudhoyono.

Koordinator Rumah Kita Nurjannah Husein, sekaligus pendamping anak-anak kanker itu menyebutkan bahwa Nurul memang sering menulis untuk penderita kanker.

Sebelumnya, Nurul juga ikut menuliskan surat kepada Fatih yang juga menderita penyakit kanker darah, dan juga kepada relawan-relawan agar selalu semangat dalam mendampingi anak-anak penderita kanker.

"Sebenarnya ini salah satu cara Nurul untuk terus memotivasi dirinya sendiri, dia mau agar orang lain yang mengalami nasib yang sama dapat menjalani pengobatan dan tetap semangat dalam melawan penyakitnya," kata Nurjannah.

Berikut isi surat lengkapnya:

Assalamualaikum Buk Ani Yudhoyono, Ini Nurul, sakitnya sama kita Bu, dulu Nurul sakit leukimia waktu umur Nurul masih 9 tahun. Sekarang umur Nurul sudah 11 tahun. Nurul di kemo sampai rambut botak. Sekarang rambut Nurul sudah tumbuh lagi. Dulu dikemo sampai muntah-muntah tapi Nurul tidak takut, karena di kemo itu hanya dimasukkan impus, bukan dimasukkan kedalam mesin.

Sekarang Nurul sudah 81 kali kemo, Ibu jangan takut juga ya, nanti kita akan sembuh kembali, rambut Nurul juga sudah tumbuh lagi. Nurul sudah lama tidak sekolah, tapi Nurul tetap naik kelas lima SD, kata dokter, Nurul jangan lupa untuk minum obat, terakhir Nurul minum mix8 setengah setiap minggu.

Nurul tinggal di Rumah Kita, Banda Aceh, rumah nurul di Lhokseumawe, di Rumah Kita ada Dek Dafa, Dek Meila, Bang Amal, Dek Bilal, Dek Naida, semuanya sakit sama.

“Cepat sembuh ya Buk Ani, Nurul Sayang Ibu Ani”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya