Merapi Sudah 7 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi terlihat dari Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Senin, 18 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau BPPTKG mencatat bahwa Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta tujuh kali memuntahkan awan panas guguran pada Senin, 18 Febuari 2019.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Gejala aktivitas vulkanik gunung berapi itu terjadi berurutan dalam waktu yang berdekatan, yakni pukul pukul 06.05, 06.13, 06.24, 06.25, 06.28, 07.23, serta yang termutakhir pukul 14.21 WIB.

Menurut Kepala BPPTKG Hanik Humaida, dalam keterangan tertulisnya, jarak luncur awan panas guguran itu maksimum satu kilometer dan mengarah ke Kali Gendol. Awan panas guguran yang terbaru durasi 63 detik, juga mengarah ke Kali Gendol.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Awan panas guguran pada pukul 14.21 WIB tak bisa teramati secara visual karena tertutup kabut. Awan panas guguran ini terpantau dari kamera pemantau atau CCTV yang terpasang di puncak dan berdasarkan data seismik.

Meski beberapa kali mengeluarkan awan panas guguran, status Gunung Merapi masih level waspada. Radius aman aktivitas warga masih sejauh tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral
Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024