Irwandi Yusuf: Kalau Aku Cerita Nanti Banyak Petinggi Negara yang Kena

Terdakwa kasus suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 dan kasus penerimaan gratifikasi pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang, Irwandi Yusuf, menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, merasa dijebak banyak pihak. Irwandi juga mengklaim telah menjadi korban politik sampai harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi atas kasus dugaan suap pengurusan dana otonomi khusus Aceh.

135 Pengungsi Rohingya Dipindah ke Ladong Aceh Besar, Langsung Ditolak Warga Setempat

"Settingan, pasti ada. Kalau aku ceritakan nanti banyak petinggi negara ini yang kena," kata Irwandi kepada wartawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 18 Februari 2019.

Selama persidangan, dia melihat, tak ada fakta-fakta persidangan yang menunjukan menerima uang dari tindak pidana seperti yang dituduhan Jaksa KPK. Dia mengklaim tidak ada yang berkaitan langsung dengan dirinya.

Achmad Marzuki Kembali Jabat Pj Gubernur Aceh, Dikritik DPRA Tukang Bikin Gaduh

"Tidak pernah ada yang menunjuk ke aku hanya mendengar dari orang. Tidak ada aku jamin, sampai 3 hari ditangkap aku tak tahu kenapa ditangkap (oleh KPK), yang ada sedikit, di BAP awal terkait Aceh Marathon," kata Irwandi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada perkaranya, Irwandi Yusuf didakwa Jaksa KPK menerima suap Rp1,050 miliar. Jumlah suap diterima ini melalui staf khususnya Hendri Yusal dan kontraktor Teuku Saiful Bahri dari Bupati nonaktif Bener Meriah, Ahmadi.

Pesan Menpora ke Pj Gubernur Aceh untuk Pelaksanaan PON 2024

Ahmadi memberikan uang secara bertahap agar kontraktor rekanan Ahmadi dari Bener meriah mendapatkan proyek pembangunan di Bener Meriah yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh TA 2018.

Selain suap, mantan Panglima GAM itu juga diduga menerima gratifikasi senilai Rp41,7 miliar.

Steffy Burrase Cerai dari Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

Model Steffy Burase Cerai dari Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Hal Ini Jadi Alasan

Model Steffy Burase mengumumkan perceraiannya dengan mantan gubernur Aceh Irwandi Yusuf selama enam tahun menikah. Kabar perceraian itu diumumkan langsung oleh Steffy.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2023