Gunung Bromo Meletus, Masyarakat Diminta Menjauh

Gunung Bromo.
Sumber :
  • VIVA/ Lucky Aditya.

VIVA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Bromo, Jawa Timur, Selasa, 19 Februari 2019. Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 06.00 WIB.

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

"Dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 meter di atas puncak (± 2.929 meter di atas permukaan laut)," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani, dalam keterangannya.

Ia menjelaskan bahwa kolom abu teramati berwarna putih hingga cokelat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal condong ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, dan barat daya, dan barat.

Penampakan Macet 'Horor' di Bromo Saat Libur Natal, Dipenuhi Mobil dan Motor

"Emisi abu menerus dengan amplitudo gempa tremor menerus 0.5-1 mm dominan 1 mm," katanya.

Dia mengatakan saat ini Gunung Bromo berada pada Status Level II (Waspada). Untuk itu, masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 KM dari kawah aktif Gunung Bromo tersebut. (djo)

TNI AU Prioritaskan Angkut Beberapa Perangkat Penting Pesawat Super Tucano
Lautan pasir Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, di Jawa Timur, dilanda banjir akibat hujan deras pada Selasa kemarin. Video suasana banjir di lokasi favorit wisata, menyebar

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024