TNBTS Tegaskan Situasi Gunung Bromo Kondusif

Gunung Bromo.
Sumber :
  • Lucky Aditya/VIVA.co.id

VIVA – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS menegaskan, Gunung Bromo dalam kondisi kondusif. Erupsi yang terjadi pagi tadi, dinilai biasa terjadi. 

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

"Kondisi Gunung Api Bromo berdasarkan pemantauan di lapangan, saat ini dalam situasi dan kondisi kondusif seperti hari-hari biasanya," kata Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, Selasa 19 Februari 2019.

John mengatakan, hasil koordinasi dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Gunug Api (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Bromo di Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, tingkat aktivitas Gunung Api Bromo masih level II atau waspada.

Penampakan Macet 'Horor' di Bromo Saat Libur Natal, Dipenuhi Mobil dan Motor

"Cuaca yang dilaporkan di sekitar gunung berapi Bromo, yaitu cerah, berawan, mendung, dan hujan, dengan tiupan angin lemah ke arah Timur Laut, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, dan Barat. Suhu rata-rata 12 hingga 20 derajat celcius, kelembaban udara 0-0 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg," ujar John.

John mengatakan, secara visual Gunung Bromo terlihat jelas hingga berkabut. Asap awan bertekanan lemah hingga sedang, teramati putih dan cokelat dengan intesitas tipis, sedang, hingga tebal dengan tinggi mencapai 50 hingga 700 meter di atas puncak kawah. Aktivitas treamor (microtreamor) dengan amplitude 0.5-1 mm juga terjadi.

TNI AU Prioritaskan Angkut Beberapa Perangkat Penting Pesawat Super Tucano

"Berdasarkan data dan kondisi ini, secara umum kondisi Gunung Api Bromo masih dalam situasi kondusif dengan beberapa potensi kesiapan yang harus ditingkatkan. Yaitu, kewaspadaan dan mematuhi arahan dan instruksi pengelola TNBTS dan PVMBG," tutur John. (asp)

Lautan pasir Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, di Jawa Timur, dilanda banjir akibat hujan deras pada Selasa kemarin. Video suasana banjir di lokasi favorit wisata, menyebar

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024