Ganjar Sempat Terkecoh Jokowi Diam-diam Kunjungi Kampung Nelayan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menerima penghargaan SAKIP dengan predikat A dari Kementerian PAN-RB di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 Februari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Yasir

VIVA – Kunjungan tak resmi, alias incognito Presiden Joko Widodo ke permukiman nelayan di Tambak Lorok, Semarang, dibenarkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ia juga sebelumnya tak menduga, Jokowi akan berkunjung ke tempat itu. 

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Ganjar menceritakan, siang pada hari itu sebetulnya dia mendampingi Jokowi kunjungan kerja di Jawa Tengah. Dia menganggap, Jokowi beristirahat malam harinya, tetapi ternyata tidak. Ganjar baru mengetahui kunjungan diam-diam Jokowi itu keesokan pagi.

Dia mengungkapkan bahwa Jokowi memang tak pernah membahas soal tambak. Kunjungan Presiden tanpa pengawalan itu pun, baru diketahuinya melalui perbincangan bersama kepala daerah lainnya.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

"Di antara kita, kan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bisik-bisik, eh, ternyata tadi malam Pak Jokowi setelah kita pulang, jalan gitu," kata Ganjar, saat dimintai keterangan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa 19 Februari 2019.

Kunjungan Jokowi ke Tambak Lorok, katanya, guna meninjau program perbaikan kampung nelayan. Itu memang metode baik untuk mengecek sebuah program pemerintah, berjalan sebagaimana mestinya atau justru sebaliknya.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Jokowi memang sudah cukup lama ingin menengok kampung nelayan itu, tetapi belum ada kesempatan sampai pada malam tersebut. "Maka, kemudian beliau mengambil cara sidak, incognito itu. Saya kira, itu cara yang paling bagus dan saya mendukung. Saya juga suka kayak gitu," katanya.

Ia menyebut Jokowi sudah sering berkunjung ke Semarang dan daerah lain di Jawa Tengah, di luar agenda resmi kunjungannya. Mengambil momentum, saat Jokowi sedang tidak lelah atau memiliki waktu luang.

"Kalau di Tambak Lorok itu, ada yang namanya pembenahan kampung nelayan. Dulu itu sampahnya luar biasa, (banjir) robnya luar biasa. Nah, itu dibangun dari Kementerian PU. Jadi, datang awal-awal di sana itu saya mendampingi beliau. Sudah berkali kali ke sana, itu dua atau tiga kali dan terakhir kemarin. Kayaknya, beliau ingin ngecek programnya sudah jadi apa belum," ujarnya.

Kunjungan diam-diam Presiden ke kampung nelayan di Tambaklorok, Semarang, terungkap dari pernyataan langsung Jokowi dalam debat calon presiden pada pada Minggu malam, 17 Februari.

Jokowi mengaku datang tanpa ada pemberitahuan dan pengawalan Paspampres. Pejabat daerah pun tak terlihat mendampinginya. Jokowi hanya datang bersama sopir, seperti diungkapkannya dalam salah satu sesi debat itu.

"Saya hampir setiap minggu, setiap bulan, ketemu nelayan, ke kampung nelayan. Bisa tanya ke nelayan di Tambaklorok, Semarang," katanya. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya