Logo timesindonesia

Pemkab Purbalingga Tebar Benih Ikan di Sungai

Suasana penebaran benih ikan yang dilakukan oleh warga Desa Selakambang, DKPP Kabupaten Purbalingga dan Wakapolsek Kaligondang. (FOTO: Sinnangga Angga/TIMES Indonesia)
Suasana penebaran benih ikan yang dilakukan oleh warga Desa Selakambang, DKPP Kabupaten Purbalingga dan Wakapolsek Kaligondang. (FOTO: Sinnangga Angga/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Dalam rangka upaya melestarikan biota perairan umum dan peningkatan gizi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga melakukan tebar benih ikan di sungai.

Penebaran benih ikan tersebut berlokasi di sungai Lebak, Desa Selakambang, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Selasa (19/2/2019).

Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Purbalingga, Sri Anjarningsih, mengatakan penebaran benih ikan di perairan umum di Kabupaten Purbalingga merupakan upaya pelestarian biota perairan umum yang bertujuan agar populasi biota air tidak mengalami kekosongan.

"Penebaran benih ikan di sungai atau tempat-tempat perairan umum lainnya bertujuan untuk melestarikan biota air perairan di Kabupaten Purbalingga agar tetap hidup dan bermanfaat," katanya kepada TIMES Indonesia usai mekakukan penebaran benih ikan dan Sosialisasi Pelestarian Sumber Hayati Perikanan  di Desa Selakambang.

Dari 12.000 benih ikan yang di tebar di sungai Lebak atau di komplek lokawisata Watukambang Desa Selakambang ini, Sri berharap bisa meningkatkan ekonomi dan gizi masyarakat.

"Bagi masyarakat yang gemar memancing atau menangkap ikan dengan kail atau jaring nantinya secara otamatis semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi ikan. Dengan demikian peningkatan gizi masyarakat akan terjaga dengan sendirinya," harapnya.

Menurutnya, pelestarian biota perairan umum seperti sungai bukan hanya pada rutinitas penebaran benih ikan yang dilakukan pemerintah atau dinas terkait saja, namun masyarakat juga harus menjadi bagian utama dalam pelestarian ini.