Fokus Gubernur Riau, Cegah Karhutla Hingga Call Center untuk Warga

Presiden Jokowi melantik Gubernur Riau Syamsuar
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Syamsuar sebagai Gubernur Riau periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 20 Februari 2019. Ia akan memimpin Riau selama lima tahun ke depan, bersama wakilnya, Edy Natar Nasution.

Kapolda Riau dan Anak Buah Beri Rasa Aman dan Nyaman Pemudik saat Arus Balik, Begini Caranya

Syamsuar menjelaskan, sejumlah prioritas yang akan dilakukannya sebagai orang nomor satu di Riau. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Sekarang, Riau ada beberapa kali musim kering. Kami akan turun ke kabupaten dan kota, bersama Forkopimda dan BPBD, agar masyarakat lebih dini dalam menghadapi kekeringan," kata Syamsuar, usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Kinerja Irjen Iqbal dan Anak Buah Buat Aman Riau Dapat Apresiasi MUI

Langkah kedua, Syamsuar menjelaskan, pihaknya akan segera membuat Rancangan Peraturan Daerah pendidikan gratis 12 tahun. Menurut dia, hal ini untuk memastikan bahwa semua anak-anak di Riau, bisa mengenyam pendidikan hingga SLTA.

"Selanjutnya, kita akan membenahi pelayanan kesehatan di rumah sakit, baik yang di kota atau kabupaten dalam rangka pelayanan kesehatan," ungkapnya.

Polisi Musnahkan 19 Ribu Lebih Mangga Dari Malaysia, Ini Alasannya

Tak hanya itu, ia mengatakan, pihaknya akan membenahi aset daerah. Lalu, menyediakan call center, agar masyarakat bisa secara langsung mengadu kepada Gubernur dan Wakil Gubernur.

Pihaknya juga akan menyiapkan sarana video conference, yang nantinya akan mempermudah komunikasi dengan bupati dan wali kota yang ada di Riau. Sebab, kata dia, dengan kondisi geografis Riau yang luas, rapat terbatas tidak harus di Pekanbaru.

"Kemudian, akan melakukan pembenahan birokrasi. Kami akan konsolidasi dengan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Provinsi Riau, agar mereka punya satu persepsi dalam rangka memajukan Riau," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya