Gandeng Swasta, Pemerintah Kota Semarang Luncurkan Kran Air Siap Minum

Wali Kota Semarang mencoba air kran siap minum di Taman Indonesia Kaya
Sumber :

Konsep Bergerak Bersama yang diusung Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam membangun Kota Semarang semakin banyak mendorong seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Jika dulu di awal masa kepemimpinannya, tepatnya tahun 2017, Konsep Bergerak Bersama mampu menjadi inisiasi terwujudnya Kampung Pelangi, kini sejumlah perusahaan swasta berlomba-lomba memberikan kontribusi demi kemajuan kota.

Salah satunya adalah perusahaan apartemen di Kota Semarang, PT PP Property yang telah memberikan bantuan CSR berupa 8 titik kran air minum di Taman Indonesia Kaya dan Lapangan Simpang Lima yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Semarang, Rabu (20/2).

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Tak pelak, keberadaan fasilitas publik Taman Indonesia Kaya dan Lapangan Simpang Lima bagi Kota Semarang kini semakin sempurna.

Pemasangan kran air minum di ruang terbuka hijau kebanggaan Kota Semarang itu menjadi sesuatu yang spesial mengingat air siap minum itu lazimnya berada di bandara dan beberapa tempat khusus lainnya.

Jalankan Perintah Jokowi, Hendi Buka Layanan Terpadu P3DN di Semarang

Usai peresmian, Hendi, sapaan akrab Wali Kota, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PT PP Property bagi masyarakat Kota Semarang.

Pihaknya mengungkapkan bahwa di tahun 2015 Pemerintah Kota Semarang pernah membuat kran air minum yang terpasang di depan SMA Negeri 1 Semarang yang sayangnya kini sudah tidak berfungsi. 

“Itu artinya kemampuan kita untuk melakukan inovasi tidak kalah, namun yang sulit pemeliharaannya. Untuk itu, kami berharap saat ini untuk pemeliharaan dapat dikelola oleh PT PP Property sambil Pemerintah Kota Semarang melakukan studi tiru bagaimana PT PP Property melakukan perawatan terhadap fasilitas ini. Ke depan, kita akan menambah fasilitas tersebut di spot lain dan akan melakukan pemeliharaan secara penuh,” ujar Hendi.

Ia menambahkan bahwa pembangunan terus dilakukan.

“Namun, jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja akan lama sekali. Konsep Bergerak Bersama ini penting karena jika dilihat dari segi statistik, APBD kita kalah dibandingkan kota besar lain. Melalui Konsep Bergerak Bersama ini, pembangunan akan berjalan lebih cepat karena disokong oleh seluruh elemen masyarakat, seperti pemerintah, pengusaha melalui kegiatan CSR-nya, masyarakat dan seluruh ketokohannya, serta media yang turut mendukung melalui pemberitaan yang baik,” lanjut Hendi.

Ia pun berpesan agar masyarakat Kota Semarang dapat ikut merawat kran air siap minum tersebut.

“Bagi warga Kota Semarang yang berolah raga dan bersantai di taman bisa langsung menikmati air minum tersebut. Untuk itu, mari bersama-sama rawat hasil pembangunan untuk Semarang yang semakin hebat,” pungkas Hendi.

Sementara Direktur Umum PT PP Property, Taufik Hidayat, menyebutkan bahwa kegiatan CSR ini merupakan tanggung jawab serta kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Di sisi lain, pemberian kran air minum ini juga sebagai wujud terima kasih kepada Kota Semarang yang telah menerima keberadaan PT PP Property. 

“Saat ini, penampilan Taman Indonesia Kaya yang semula bernama Taman KB dan Lapangan Simpang Lima sudah jauh berbeda. Untuk itu, kami tergerak untuk menjadi bagian dari kemajuan Kota Semarang dengan memberikan bantuan berupa kran air minum ini. Semoga membawa manfaat, kemajuan, serta kebanggaan masyarakat terhadap Kota Semarang,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya