Seleksi Petugas Haji Kemenag Kabupaten-Kota Digelar 25 Februari

petugas haji salat berjamaah
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Tahapan proses seleksi petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440H/2019M segera dimulai. Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi, mengatakan, seleksi terbagi menjadi dua, seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Eselon I Pusat.

Sejarah Sumur Zamzam dari Masa ke Masa

Untuk seleksi tingkat Kanwil, dilakukan berjenjang, dari tingkat Kemenag Kabupaten/Kota. "Seleksi di Kabupaten/Kota digelar serentak Senin depan, 25 Februari 2019," terang Khoirizi di Jakarta,  Rabu 20 Februari 2019.

Seleksi Kabupaten atau Kota diikuti ASN Kantor Kemenag,  termasuk guru madrasah,  penyuluh, dan penghulu KUA dan tenaga profesional lainnya. Tahapan seleksi tingkat Kabupaten atau Kota meliputi seleksi administrasi dan seleksi kompetensi atau tes tertulis.

10 Catatan Perjalanan Haji Indonesia Tahun 2019 

"Kankemenag Kabupaten/Kota akan memilih peserta terbaik sejumlah dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi," ujarnya.

"Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Februari di Kankemenag setempat," lanjutnya.

Saudi Bangun 60 Ribu Toilet Bertingkat di Mina, RI Minta Didahulukan

Peserta yang lolos seleksi di Kabupaten atau Kota, akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan di  Kanwil Kemenag Provinsi pada tanggal 5 Maret 2018. Seleksi tingkat provinsi berupa tes kompetensi berbasis CAT dan wawancara dan/atau praktek.

Rekruitmen petugas haji 2019

"Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret di Kanwil Kemenag Provinsi," ujarnya.

Kakanwil selanjutnya akan melaporkan hasil seleksi tersebut ke Ditjen PHU untuk ditetapkan sebagai PPIH Arab Saudi 1440H/2019M.

"Untuk seleksi di tingkat Eselon I,  akan digelar pada 4 April di Asrama Haji Pondok Gede," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya