Bobol Rumah Mewah Demi Modal Nikah, Pelaku Berhasil Curi Rp1 Miliar

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol. Andi Rian
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Aparat Kepolisian berhasil mengamankan para pelaku yang merupakan komplotan pembobolan rumah kosong di Kompleks Perumahan Mewah di Kota Medan, Sumatera Utara. Dengan total kerugian korban mencapai Rp2,8 miliar.

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Dari enam pelaku, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sumut, sudah mengamankan dua pelaku, yakni Bobby sebagai otak pelaku dan Ferry sebagai penadah barang hasil pencurian tersebut.

Sedangkan empat pelaku yang sudah diketahui identitasnya, tengah dilakukan pemburuan oleh petugas Kepolisian.

Perampok Sadis di Indramayu Ditangkap, Korban Mahasiswi Sempat Disekap dan Diculik

"Sejauh ini, baru dua laporan itu. Mereka (pelaku) mengaku juga dua lokasi melakukan pencurian rumah kosong," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol. Andi Rian kepada wartawan di Mapolda Sumut, Kamis siang, 21 Februari 2019.

Dari hasil pemeriksaan para tersangka yang diamankan, Andi mengatakan, pelaku Bobby menggunakan hasil barang pencurian tersebut, digunakan untuk modal menikah yang akan berlangsung pada 4 Maret 2019.

Waspada! Perampok HP Modus COD Beraksi Gunakan AirSoft Gun

"Jadi, uang hasil kejahatan ini digunakan Bobby untuk membeli barang hantaran pernikahan seperti cincin dan kalung. Ini semua kita sita dari calon mempelai tersangka," ucap Andi.

Lanjut, Andi menjelaskan dalam aksinya para kawanan perampok melakukan survei terhadap rumah mewah di Kawasan Sunggal dan Helvetia, Medan, yang ditinggal pergi oleh penghuni rumahnya.

"Jadi, kalau ada orangnya, mereka pura-pura tanya alamat atau pura-pura tawarkan kredit. Namun, kalau kosong mereka langsung beraksi," kata Andi.

Setelah mendapatkan laporan dari korban. Andi mengungkapkan, pihaknya langsung bergerak melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan dua tersangka tersebut, dan tengah dilakukan pengembangan untuk meringkus pelaku lainnya.

"Pelaku berhasil menggondol uang tunai senilai Rp1,1 miliar. Sedangkan hasil membobol rumah di Helvetia mereka berhasil menggondol brankas yang berisi uang dan perhiasan senilai Rp1,7 miliar," kata Perwira Melati Tiga itu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya