Logo BBC

Kelamin Beruang di Cimahi Diraba, Dianggap Pelecehan Seks atas Hewan

- BBC News Indonesia/Yulia Azka
- BBC News Indonesia/Yulia Azka
Sumber :
  • bbc

Untuk kali pertamanya muncul protes terbuka atas perilaku manusia yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seekor beruang di sebuah atraksi sirkus di Cimahi, Jawa Barat.

Di hadapan penonton sebuah atraksi sirkus di Cimahi, Jawa Barat, pertengahan Februari lalu, dalam sebuah adegan, sang pelatih memegang kelamin seekor beruang jantan.

Adegan "memegang kelamin" merupakan bagian dari atraksi beruang madu bernama Bimo yang durasinya sekitar 10 menit. Namun adegan seperti selalu diulang dalam setiap atraksi si Bimo.

Aksi rutin meraba kelamin beruang madu ini, yang merupakan bagian atraksi sirkus yang digelar PT Wersut Seguni Indonesia (WSI), inilah yang diprotes pegiat aktivis penyayang binatang.

"Hentikan pelecehan seksual terhadap beruang yang bernama Bimo," kata Marison Guciano, Koordinator Masyarakat Anti Sirkus Hewan Indonesia, saat unjuk rasa di sekitar lokasi sirkus, Cimahi, Jawa Barat, Kamis (14/02).

Seperti dilaporkan wartawan di Bandung, Julia Alazka, untuk BBC News Indonesia, saat sang pelatih memegang memegang kelamin beruang itu, ada pembaca acara yang melakukan interaksi dengan pengunjung sirkus.

"Aku malu," kata pembaca acara, seolah-olah membawakan peran si Bimo. Lalu dia mengajukan pertanyaan sendiri: "Malu kenapa."

"Aku enggak pakai celana. Bawahnya tu kelihatan," kata pembaca acara, lalu diikuti tindakan pelatih memegang kelamin Bimo. Sontak saja penonton, yang didominasi ibu-ibu dan anak-anak, tertawa.

Video adegan "memegang kelamin" beruang itu kemudian tersebar di media sosial serta sudah ditonton ribuan kali.

Sekelompok orang di Bandung yang menyebut dirinya sebagai Masyarakat Anti Sirkus Hewan Indonesia mengetahui isi video itu dan langsung melakukan protes kepada pengelola sirkus tersebut.

"Hari demi hari, Bimo mengalami pelecehan seksual, di mana alat kelaminnya dipermainkan oleh pelatihnya," kata Marison, koordinator kelompok tersebut.

Menurutnya, sirkus merupakan bentuk pelecehan, eksploitasi pada hewan. "Sirkus itu bukan edukasi. Masyarakat sudah ditipu," tandasnya.

Mereka kemudian menggelar unjuk rasa di sekitar lokasi sirkus di Cimahi. "Tutup, tutup, tutup sirkusnya, tutup sirkusnya sekarang juga!"