Gunung Agung Meletus Dua Kali, Penerbangan Diimbau Antisipasi

Erupsi Gunung Agung.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG melaporkan bahwa Gunung Agung di Bali meletus dua kali pada Jumat, 22 Februari 2019. Erupsi pertama pukul 16.31 WITA dengan ketinggian 700 meter di atas puncak dan kedua pada pukul 17.01 WITA dengan ketinggian 300 meter.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Dampak erupsi itu, menurut PVMBG, berupa lontaran maupun hujan abu di sekitar areal kawah. Kolom erupsi teramati condong ke timur, namun arah angin mengarah ke barat, sehingga abu vulkanik berpotensi bergerak ke barat.

Karena abu vulkanik yang dikeluarkan, PVMBG juga menerbitkan VONA dengan kode warna oranye agar instansi terkait penerbangan udara dapat mengantisipasi lebih cepat.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Berdasarkan analisis data komprefensif dari jaringan peralatan pemantauan Gunung Agung menunjukkan bahwa dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan aktivitas magmatik di dalam tubuh gunung itu, sehingga erupsi adalah keniscayaan dan wajar.

"Pasca-erupsi ini Gunung Agung masih tetap berpotensi untuk erupsi kembali," kata Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana, memperingatkan.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Tetapi, katanya, "tipe erupsi yang mungkin terjadi dapat bersifat efusif (aliran lava ke dalam kawah) maupun eksplosif (lontaran lava pijar maupun abu). Indikasi untuk terjadinya erupsi yang besar atau yang setara dengan November 2017 lalu belum teramati."

Status aktivitas Gunung Agung masih di Level III (siaga) dan radius bahaya 4 kilometer dari puncak gunung. PVMBG terus memantau 24 jam setiap hari untuk mengevaluasi ancaman bahayanya. Masyarakat diminta tetap tenang namun siaga dan mengikuti rekomendasi dari PVMBG.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024