Luhut Akui Kuasai Lahan Negara 6 Ribu Hektare untuk Tambang Batu Bara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengaku kuasai lahan seluas 6.000 hektare milik pemerintah untuk kegiatan pertambangan batu bara. Namun, dia mengklaim bahwa ia tidak memiliki lahan Hak Guna Usaha atau HGU. 

Tambang Batu Bara di China Runtuh, 2 Orang Tewas 50 Hilang Diduga Terkubur

"Saya enggak punya HGU. Saya punyanya tambang batu bara, berjalan, berproduksi. (luasnya) 6.000 hektare," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 26 Februari 2019. 

Ia mengaku bahwa lahan tersebut milik pemerintah dan merupakan lahan konsesi. Namun, ditegaskannya, lahan itu merupakan lahan produktif, sehingga tidak ada masalah. 

2023 Kontraktor Tambang Putra Perkasa Abadi Incar OB Removal Tambah 150 Juta BCM

"Punya pemerintah dan itu berproduksi. Saya pikir, kalau sepanjang dia produktif dan sepanjang dia melakukan kewajiban-kewajiban dengan benar, ya enggak ada masalah," ujar mantan Kepala Kantor Staf Presiden itu. 

Tentang desakan dari sejumlah pihak, agar membuka data lahan konsesi yang dimiliki seluruh pengusaha di sekitaran pemerintah, Luhut mempersilahkan. Semua pihak bisa mengeceknya dalam kebijakan satu peta atau one map policy.

Korban Terakhir Ledakan Tambang Batu Bara Sawahlunto Berhasil Dievakuasi

"Kan, sekarang dengan adanya one map bisa kelihatan semuanya," ujarnya. 

Ia mengklaim, pemerintah sudah terbuka tentang lahan, sehingga tidak perlu diumumkan secara resmi. "Ya sudah terbuka, berlaku pada semua. Ngapain diumumkan, cari saja (datanya)," katanya. (asp)

Tim SAR Gabungan evakuasi korban dari lubang bekas tambang batu bara di Jambi

Tim SAR Temukan Jasad Korban Tenggelam di Lubang Bekas Tambang Batu Bara di Jambi

Tim SAR gabungan pada Minggu (6/8/2023) pagi akhirnya berhasil menemukan Reza Ramadani Ginting.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2023