Daftar Gunung Api yang Perlu Diwaspadai di Indonesia 

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik ketika erupsi, di Karo, Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maz Yons

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebutkan, ada beberapa gunung api di berbagai daerah di Tanah Air yang perlu diwaspadai. 

Sekelilingnya Dilahap Lava Gunung Berapi di La Palma, Rumah Ini Lolos

Kasubbid Mitigasi Gunung api Wilayah Timur Indonesia, Devy Kamil Syahbana mengatakan, gunung api yang masuk kategori level IV atau awas yaitu Gunung Sinabung, Provinsi Sumatera Utara. 

Gunung api yang masuk kategori level 3 atau siaga ada 4 gunung, yaitu Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Gunung Agung di Provinsi Bali, Gunung Soputan di Sulawesi Utara, dan Gunung Karangeteng di Sulawesi Utara. 

Ada Lubang Misterius di Gunung Ili Lewotolok, Ini Penjelasan PVMBG

Kemudian, ada 15 gunung api yang masuk kategori level II atau waspada, yaitu Merapi, Kerinci, Semeru, Bromo, Rinjani, Sangeangapi, Merapi, Rokatenda, Lokon, Gamalama, Gamkonara, Ibu, Dukuno, Lewotowok, dan  Banda Api. 

"Jadi ada 20 gunung api paling perlu diantispasi kalau kemungkinan akan terjadi erupsi," ujar Devy Kamil Syahbana di kantor Badan Nasional Penaggulan Bencana, Jakarta Timur, Kamis, 28 Februari 2019. 

Gunung Ili Lewotolok di NTT Kembali Erupsi Mencapai 1.500 Meter

Kemudian, kata dia, ada 49 gunung api yang masuk kategori level I atau normal. Jadi, total gunung api yang sedang diamati oleh PVBNG totalnya ada 69 gunung api. 

"Dari keseluruhan gunung api ini semua dipantau walaupun gunung sedang tidur, normal enggak ada aktivitas tetap diamati karena gunung api itu sifatnya dinamis, dia enggak selalu meletus tapi dia bisa meletus, kalau meletus bisa sebentar bisa lama," ujarnya. 

BBC Indonesia

Gambar Satelit Dahsyatnya Erupsi Gunung Berapi Bawah Laut di Tonga

Ketika gempa bumi besar dan tsunami terjadi di Pasifik Selatan, dekat Tonga, Sabtu (15/01), armada pesawat ruang angkasa mengumpulkan data-data penting. Apa saja?

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2022