Ajak Pemilih Rasional, Noe Letto Bikin Aplikasi Pantau Bersama

Musisi Sabrang Mowo Damar Panuluh atau Noe Letto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Catur Edi (Yogyakarta)

VIVA – Musisi Sabrang Mowo Damar Panuluh menginisiasi lahirnya aplikasi Pantau Bersama. Lewat aplikasi ini, para pengguna bisa mengajukan pertanyaan langsung kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun pasangan nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Pria yang kerap disapa Noe Letto ini mengatakan, aplikasi ini memiliki tujuan untuk membantu para pemilih berpikir rasional. Selain itu, untuk membantu memantau diri sendiri di era informasi yang semua keputusan serba emosional.

"Sehingga keputusan yang serba emosional itu menjadi keputusan yang rasional. Biar pesta demokrasi menjadi menyenangkan," ujar Noe, Senin, 4 Maret 2019 malam.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Noe mengungkapkan, pembuatan aplikasi Pantau Bersama ini lahir karena dia melihat proses Pilpres 2019 membuat stres pemilih, dalam menentukan capres-cawapres yang akan dipilihnya. Lewat Pantau Bersama, dia berharap agar pemilih tak lagi stres dan bingung menentukan pilihannya.

"Kesulitan kita memilih karena bias personal. Kalau sudah terlanjur senang ada enforcement ke personal itu. Kita memindah proses itu. Yang tadinya senang duluan di awal baru mengumpulkan data di balik menjadi mengumpulkan data dulu baru senang dengan keputusannya," ujarnya. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Noe menjelaskan, Pantau Bersama merupakan aplikasi yang bentuknya tanya jawab. Para pengguna bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan akan dijawab oleh kubu Jokowi-Ma'ruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno. Pertanyaan dari para pengguna aplikasi ini akan dimasukkan ke dalam Tanya Kandidat. Pertanyaan tersebut lalu akan dijawab di Kata Kandidat.

"Konsepnya tanya jawab. Nanti setiap pertanyaan akan dijawab tetapi di awal kita tidak akan menyebutkan jawaban itu dari jawaban pasangan 01 atau 02. Nanti penanya akan memilih jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya yang mana. Setelah itu aplikasi akan memberitahu itu jawaban dari pasangan 01 atau 02. Jadi yang dinilai gagasan dari jawaban itu," ujarnya. (art)

Noe Letto

Sempat Atheis, Noe Letto Kini Pilih Jadi Mualaf Setelah Bertanya Soal Setan

Musisi ternama Noe Letto diketahui sempat menganut ajaran atheis atau tidak meyakini keberadaan Tuhan. Tapi, sebuah kejadian terjadi hingga membuatnya balik memeluk Islam

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024