Logo timesindonesia

Ini Rute Pawai Ogoh-Ogoh di Probolinggo

Warga Desa Pandansari, Sumber, Kabupaten Probolinggo menyiapkan ogoh-ogoh (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Warga Desa Pandansari, Sumber, Kabupaten Probolinggo menyiapkan ogoh-ogoh (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Pawai ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi tak hanya ada di Bali. Di Kabupaten Probolinggo, Jatim, pawai ogoh-ogoh dalam rangka Tawur Agung Kesanga juga dilakukan. Upacara ini dipusatkan di Jurang Kendil, Desa Sumberanom, Kecamatan Sumber.

Pawai akan dilangsungkan Rabu (6/3/2019) siang. Peserta berasal dari empat desa di Kecamatan Sumber. Meliputi Desa Pandansari, Desa Ledokombo, Desa Sumberanom, dan Desa Wonokerso.

Setiap peserta, akan mengarak ogoh-ogoh dari desa masing-masing menuju Jurang Kendil, Desa Sumberanom. Sesuai jadwal, upacara Tawung Agung Kesanga akan dilangsungkan pukul 12.00 WIB.

Arak-arakan dari Desa Pandansari dan Ledokombo, akan menempuh rute masing-masing sekitar 3 kilometer. Sedangkan arak-arakan dari Desa Wonokerso, menempuh rute sekitar 3,5 kilometer.

Warmuji (35), warga Desa Pandansari mengatakan, masyarakat telah membuat ogoh-ogoh sejak empat bulan terakhir. Ada yang berukuran kecil, ada yang besar. 

"Bikinnya bisa satu bulan atau lebih. Tergantung ukuran juga,” katanya.

Sampai Selasa (5/3/2019) siang, sejumlah warga masih sibuk menyiapkan ogoh-ogoh. Salah satunya Warmuji.  Ogoh-ogoh yang sudah jadi, dipajang di depan rumah.