Projo Minta Polisi Bebaskan Roberto Robet

Robertus Robet
Robertus Robet
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua DPP Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya sangat menyayangkan penangkapan salah satu dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang sekaligus aktivis HAM di Indonesia Robertus Robet atas dugaan pelanggaran UU ITE.

Menurutnya, para aktivis 1998 menolak keras bangkitnya militerisme di Indonesia. "Saya dan hampir seluruh aktivis 1998 pasti menolak keras militerisme bangkit kembali. Itu perjuangan rakyat," ucap Budi Arie Setiadi dalam keterangan tertulis, Kamis, 7 Maret 2019.

Budi juga meminta kepada Mabes Polri untuk dapat membebaskan Robertus Robert. Ia menilai jika pemeriksaan dan permintaan klarifikasi tidak harus diawali dengan penangkapan, kecuali ada tindakan yang tidak kooperatif dari Robertus Robert.

Budi juga berpendapat bahwa jika ada pernyataan Robertus yang menyinggung suatu individu dan institusi bisa dijelaskan dengan cara yang baik, apa lagi Robertus sudah memberikan klarifikasi atas ucapannya dan diskusi itu bisa dilakukan lebih lanjut. 

"Bangsa ini memerlukan pendekatan dialogis untuk menyelesaikan banyak masalah. Musyawarah adalah salah satu intisari kehidupan masyarakat kita," kata dia.

Khawatir Dwifungsi TNI

Budi menambahkan, aksi Robertus Robert adalah bentuk kebebasan mengepresikan, kekhawatiran militeralisme hidup di Indonesia.