Berkas Laporan Soal Rocky Gerung Hina KH Agus Salim Belum Lengkap

Dony Manggek Piliang dari Forum Anak Nagari Sumatera Barat laporkan Rocky Gerung
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Kepolisian Daerah Sumatera Barat menilai, berkas laporan yang dilayangkan oleh Dony Magek Piliang selaku perwakilan Forum Anak Nagari Sumbar terhadap pakar filsafat Rocky Gerung, masih belum lengkap. Dengan demikian, berkas laporan itu diterima dengan status pengaduan masyarakat. 

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Dony Magek Piliang pada Selasa sore 5 Maret 2019, mendatangi Mapolda Sumbar. Ia melaporkan Rocky Gerung atas tuduhan penghinaan terhadap seorang ulama besar, negarawan dan diplomat handal pertama yang pernah dimiliki oleh Bangsa Indonesia yakni, KH. Agus Salim. Dasarnya, cuplikan video Rocky Gerung yang menyebutkan bahwa wajah KH Agus Salim kayak kambing.

Belum diketahui, ujaran yang disampaikan Rocky Gerung itu dimana, kapan dan dalam acara apa. Chanel Youtube NNC Indonesia, mengunggah cuplikan potongan video Rocky gerung pada 1 Maret 2019 dengan keterangan, Kuliah umum yang ditayangkan langsung oleh ADITV. Dalam cuplikan video itu, Rocky menyampaikan bahwa, "dalam satu perdebatan politik, Haji Agus Salim, Anda tahukan wajah Agus Salim kayak Kambing, ada jenggotnya disini, tahu ya milenials? Pernah lihat wajah Agus Salim?"

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Syamsi menyebutkan, semua laporan pengaduan dari masyarakat tetap diterima. Namun, Syamsi belum mengetahui secara detai bagaimana kelanjutan dari laporan yang dilayangkan oleh Forum Anak Nagari tersebut. 

"Saya belum monitor, nanti saya cek dan hubungi nanti. Tapi yang jelas saat mereka (pelapor) datang melapor pasti diterima, semua laporan pengaduan masyarakat diterima. Semua Laporan pasti diterima. Saya coba cek dulu gimana kelanjutannya, ya," kata Syamsi melalui sambungan telepon, Jumat 8 Maret 2019. 

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Terpisah, Dony Magek Piliang selaku pelapor menyebutkan, jika pihaknya akan segera melengkapi berkas laporan agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak Kepolisian. Adapun berkas laporan yang belum lengkap itu kata Dony, di antaranya adalah surat kuasa hukum. Sehingga ketika pihaknya membuat laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), laporan itu masih dalam tahap pengaduan masyarakat. 

"Masih dalam proses, dalam minggu besok, nanti saya akan kembali ke Polda menanyakan gimana kelanjutannya. Ada berkas yang masih kurang dalam laporan, dan itu akan kami lengkapi dalam waktu dekat," ujar Donny.

Diketahui, selain Forum Anak Nagari Sumbar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga berencana akan melaporkan Rocky ke pihak Kepolisian. Bahkan selain itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan status kewarganegarannya karena telah menghina dan tak menghormati pahlawan bangsa Indonesia. 

Pernyataan Rocky itu menurut Hasto, tak pantas dan dianggap merendahkan martabat bangsa sendiri, dan pernyataan tersebut keluar dari jiwa yang tidak sehat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya