KPU Tak Akan Ubah Tanggal Debat Capres-Cawapres 2019

Debat Perdana Capres-Cawapres Pemilu 2019. Para capres dan cawapres kembali bersama-sama ikut dalam Debat Putaran Kelima 13 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan memastikan tak mungkin mengubah jadwal debat calon presiden dan wakil presiden. Sebab, tanggal debat tersebut sudah disepakati dari awal.

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Ia meminta Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga mematuhi kesepakatan sejak awal.

“Tak bisa. Itu sudah diputuskan bersama lewat mekanisme pengundian antara TKN 01 dan BPN 02. Sudah diputuskan bersama,” ujar Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Pada Pemilu 2019, KPU telah menyiapkan lima kali debat capres-cawapres dari bulan Januari-April 2019.

Debat pertama dilakukan Kamis, 17 Januari 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Dalam debat perdana ini, Jokowi-Ma’ruf berhadapan langsung dengan Prabowo-Sandiaga, membahas tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Debat putaran kedua sudah dilaksanakan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam debat itu, Jokowi berhadapan langsung dengan Prabowo tanpa didampingi calon wakil presiden. Debat bertema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Debat ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam debat ini cawapres Ma’ruf Amin akan berhadapan langsung dengan Sandiaga Uno tanpa didampingi calon presiden. Debat ketiga mengambil tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya.

Debat keempat akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2019. Dalam debat itu, capres Jokowi akan head to head kembali dengan Prabowo tanpa didampingi cawapres. Duet akan mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional. Untuk lokasi debat, KPU belum memutuskan.

Debat kelima akan dilaksanakan pada 13 April 2019. Debat terakhir ini akan melibatkan pasangan capres-cawapres kembali. Debat bakal bertema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan, dan industri. KPU belum menentukan lokasi debat terakhir itu akan dilakukan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya