INFOGRAFIK: Bom Sibolga

Polisi berjaga-jaga di lokasi dekat ledakan bom di Sibolga, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jason Gultom

VIVA – Polisi masih terus menyelidiki kasus ledakan bom di Sibolga, Sumatera Utara. Hingga hari ini, polisi juga menyampaikan perkembangan baru.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Berdasarkan keterangan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, Kamis 14 Maret 2019, bom yang meledak ternyata satu di antara empat bom ranjau yang tertanam di sekeliling rumah Abu Hamzah.

Bom ranjau itu, menurut Dedi, telah disiapkan oleh Abu Hamzah setelah rekannya ditangkap polisi di Lampung. Abu meyakini polisi akan menangkap dan mendatangi rumahnya.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Sementara itu, dalam penggeledahan, polisi menemukan dua bom pipa, empat casing tabung pipa dari LPG, 100 kilogram flash powder, dan dua bom pipa tabung, termasuk satu bom pipa elbow. Tim penjinak bom juga mengamankan lima bom kontainer.

Densus 88 Anti Teror sudah mengamankan lima orang. Tiga di antaranya, Husin alias Abu Hamzah, seorang berinisial AK alias Ameng dan perempuan berinsial H.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Berikut Infografik kasus bom Sibolga berdasarkan data Rabu 13 Maret 2019.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023