Kecam Penembakan di Masjid, JK Bingung Selama Ini Selandia Baru Aman

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden, Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa atas penembakan yang terjadi di sebuah masjid di Selandia Baru. Sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia atau DMI, dia mengaku kaget dengan kejadian ini.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

"Pemerintah Indonesia, dan saya juga pribadi sebagai Ketua Masjid, sangat sedih melihat terjadi di New Zealand (Selandia Baru)," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat 15 Maret 2019.

Menurut JK, sepengetahuannya Selandia Baru dikenal sebagai negara yang aman. Wapres yang pernah berkunjung ke sana, juga menilai tidak ada diskriminasi di negara tersebut.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

"Selama ini, New Zealand negara yang aman. Saya dua kali salat di masjid di sana, sangat baik, sangat terbuka. Pemerintah dan masyarakat tidak ada unsur-unsur diskriminatif di sana. Dan, masjid ada di mana-mana," ujar JK.

JK juga mengaku sudah berkomunikasi dengan duta besar Indonesia untuk Selandia Baru. Dia menginstruksikan Dubes Tantowi Yahya, untuk terus memantau perkembangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang belum diketahui kabarnya.

Seorang Pendeta Ditikam saat Sedang Pimpin Upacara Ibadah di Sebuah Gereja

"Ya, saya menginstruksikan Pak Dubes, untuk memantau terus dan berusaha menemukan (WNI), mengetahui ke mana yang enam orang tadi. Karena, tiga sudah diketahui dan sisa tiga," kata JK.

Selandia Baru berduka cita atas insiden penembakan dua masjid di Kota Chrischurch pada Jumat 15 Maret 2019. Penembak masuk ke dalam masjid, dengan senapan dan secara membabi buta memberondong jemaah yang sedang berada di dalam masjid. (asp)

Game of Thrones Season 8 Episode 6.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Industri film sering kali memanfaatkan lokasi spektakuler di seluruh dunia untuk memberikan latar belakang yang megah dan mendalam bagi kisah-kisah mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024