Bertemu Jokowi, FBR Berterima Kasih Ikon Betawi Ada di Uang RI

Presiden Jokowi melakukan audiensi di Istana Bogor
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Pimpinan Forum Betawi Rembug (FBR) bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 18 Maret 2019. 

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Usai pertemuan tertutup itu, Ketua Umum FBR Luthfi Hakim mengatakan, FBR berterima kasih kepada Presiden Jokowi lantaran mereka sebagai salah satu masyarakat adat yang ada di Indonesia, merasa diperhatikan.

Ia mencontohkan, ikon Betawi yakni Tari Topeng dan pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin, kini ditampilkan dalam cetakan uang baru Republik Indonesia. "Karena sepanjang bangsa ini merdeka, tidak ada ikon masyarakat Betawi di dalamnya. Kami minta satu, dikasih dua," kata Luthfi.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Dua ikon Betawi yang dimaksud adalah Tari Topeng pada uang pecahan Rp100 ribu, dan M. Hoesni Thamrin yang juga pahlawan nasional, pada pecahan uang Rp2 ribu.

FBR juga menilai Jokowi sangat memperhatikan adat Betawi, sejak menjadi gubernur DKI dari 2012 hingga 2014. "Kami salah satunya adalah masyarakat Betawi mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pak Jokowi terhadap adat, lembaga adat yang ada di nusantara, salah satunya lembaga adat masyarakat Betawi," ujar Imam Besar FBR itu.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar FBR turut menangkal hoax. Bahkan sebelum diminta itu, menurut Luthfi, pihaknya sudah mengampanyekan perang terhadap hoax.

Jokowi meminta, agar FBR bisa membantu masyarakat untuk datang dan berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara atau TPS pada 17 April 2019 guna menggunakan hak pilihnya. "Untuk pengamanan TPS dan mendorong orang untuk tidak golput. Keberanian orang untuk datang ke TPS. Pak Jokowi meminta tolong untuk mengawal itu," ujar Luthfi. (art)

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap dengan keanggotaan penuh Indonesia di Financial Action Task Force on Money Laundering and Terrrorism Financing (FATF), dapat terus

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024