Gubernur Aceh Ungkit Kisah Selamat dari Tsunami dalam Siang Korupsi

Sidang Lanjutan Irwandi Yusuf
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, mengungkit kisahnya untuk bisa menghadiri perundingan damai kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, Finlandia. Irwandi membantah kabar bahwa dia pernah kabur dari penjara. 

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Irwandi mengaku sebagai satu-satunya orang Aceh yang dapat menghadiri perundingan berrsejarah itu.

Dia pun mengakui sempat menjalani hukuman karena diduga sebagai juru runding GAM. Dia tetap dihukum meski merupakan anggota Palang Merah Internasional ketika itu.

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

"Saya dikurung di Banda Aceh, tapi saya tidak menjalani sembilan tahun. Baru 19 bulan, penjara diterjang tsunami, dan saya seorang dari 40 orang yang selamat waktu itu," ujarnya saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin, 18 Maret 2019.

Saat tiba di Finlandia, Irwandi melanjutkan, ia sempat diperiksa otoritas Uni Eropa karena diduga kabur dari penjara. Namun Irwandi menepisnya dan dia membuktikan bukan kabur dari penjara, melainkan selamat dari terjangan tsunami. "Saya bilang saya tidak lari dari penjara, tapi penjara yang lari dari saya," kata Irwandi.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Singkat cerita, Irwandi berhasil menghadiri perundingan damai. Dalam perundingan itu dia memberikan data tentang Aceh. Dia merasa sangat perlu memberikan data tentang Aceh karena dialah satu-satunya orang Aceh yang hadir dalam perundingan itu. Setelah itu dia kembali ke Aceh untuk memimpin perundingan di Tanah Rencong. (mus)

Gedung Kejaksaan Agung

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Komisi Kejaksaan RI mendorong Tim Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung agar menuntaskan penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi terka

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024