Peduli Palestina, KNRP akan Datangkan Ulama dari Gaza saat Ramadan

Aksi 511 Solidaritas Palestina di Monumen Nasional (Monas) Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Berbagai elemen masyarakat Indonesia terus berupaya memberikan kontribusi bantuan kepada rakyat Palestina. Salah satu yang terlibat adalah Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Untuk membangun sinergi dan kesolidan, KNRP menggelar Musyawarah Kerja Nasional atau Mukernas 2019 di Jakarta pada 15-17 Maret 2019. Mengangkat tema ‘Berkah Bersinergi untuk Palestina’, ajang mukernas menyampaikan harapan agar bertambahnya peran aktif mengkampanyekan kepedulian membela Palestina.

"Sengaja kami ambil tema ini dengan harapan semoga melalui kontribusi yang jelas bagi saudara-saudara kita di Palestina, kita juga menuai berkahnya," kata pengurus pusat KNRP, Caca Cahayaningrat dalam keterangan resminya, Selasa, 19 Maret 2019.

Hamas Terbitkan Video Baru, Isinya soal Sandera Israel Salahkan Netanyahu

Selain jangka panjang, KNRP juga membahas program terdekat. Program yang menjadi catatan antara lain bulan Ramadan 1440 H atau tahun ini. Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia lewat masyarakatnya bisa memiliki andil membantu perjuangan Palestina dari kezaliman penindasan Israel.

Sementara itu, Kabid Humas KNRP Zakaria menyampaikan, salah satu program terdekat terkait bulan Ramadan. Ia mengatakan KNRP siap mendatangkan ulama dari Al Aqsha  dan Gaza ke Tanah Air.

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

"Ini nanti program safari Ramadan 1440 H dengan mendatangkan ulama-ulama Palestina ke nusantara. Selain Al Aqsha, Gaza, ulama Palestina yang mengungsi di Libanon, Yordania juga kami datangkan," ujar Zakaria.

Baca: Solidaritas untuk Perempuan Al-Quds Mulai Didengungkan di Tanah Air

Zakaria menambahkan, dalam mukernas juga diisi sesi training kepada anggota KNRP. Diharapkan training ini bisa bermanfaat untuk pengembangan diri dan optimalisasi jejaring sosial dalam mengkampanyekan kepedulian terhadap Palestina.

“Peserta diajak berperan aktif mempersepsikan Palestina supaya masyarakat nantinya antusias dan tergerak Peduli terhadap persoalan Palestina,” kata Zakaria.

Dalam mukernas yang digelar di DKI ini dihadiri pengurus KNRP dari berbagai wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, sampai Sulawesi Tenggara. Istimewa dalam mukernas kali ini karena bergabungnya pengurus baru dari wilayah NTT.

"Bergabungnya pengurus NTT, mudah-mudahan wilayah Indonesia bagian timur lainnya akan bersama-sama bergabung berkhidmat membantu Palestina," ujarnya. (sah)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya