Mendagri Minta Camat Waspadai Area Rawan Korupsi

Mendagri Tjahjo Kumolo usai memberikan kuliah umum di Ternate, Maluku Utara
Sumber :
  • Ifan Gusti/Ternate

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo meminta kepada para camat untuk mencermati area rawan korupsi. Area yang rawan paling utama perencanaan anggaran. 

KPK Tangkap Wali Kota Bandung Yana Mulyana Terkait Kasus Suap

"Tolong dicermati dana hibah dan Bansos. Tolong dicermati mekanisme pembelian barang dan jasa, tolong dicermati," ujar Tjahjo saat memberikan arahan dalam Rakornas Camat di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Rabu, 20 Maret 2019. 

Kemudian, kata dia, masalah lainnya yang perlu diwaspadai yaitu narkoba di tengah lingkungan masyarakat. Karena, orang yang menggunakan barang haram itu jumlahnya banyak. 

KPK: Bupati Kapuas dan Istrinya Selaku Anggota DPR Fraksi Nasdem Masih Diperiksa

"Ini 50-60 orang meninggal per hari karena narkoba. Saya kira harus dicermati wilayah lingkungan kecamatan ada enggak kampung narkobanya. Ada enggak warga pengguna narkoba," tuturnya. 

Maka, sekiranya perlu ada komunikasi rutin RT dan RW, kemudian tingkat kelurahan, kecamatan dengan tokoh lintas agama, tokoh masyarakat mengenai bahaya masalah narkoba ini. 

Tito Minta Kepala Daerah Jangan Diproses Hukum, Polri: Semua Mengacu pada Aturan

Tak hanya soal itu, bahwa di daerah ini masih banyak adanya ketimpangan sosial dan persoalan lain seperti soal gizi buruk dan stunting. 

"Di daerah-daerah pasti masih ada ketimpangan sosial, angka kelahiran anak, ibu hamil, masalah gizi anak, stunting malaria atau demam berdarah di sejumlah daerah." (mus) 

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

KPK Sita Aset Ricky Ham Pagawak, Nominalnya Fantastis

KPK menyita aset Bupati nonaktif Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2023