IMI Pusat Pastikan MXGP Semarang Tetap Digelar

Seri kejuaraan motocross internasional MXGP,
Sumber :

Tahun ini, Kota Semarang dipastikan kembali menjadi tuan rumah seri kejuaraan motocross internasional MXGP, setelah sukses menggelar event serupa di tahun 2018.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Kepastian tersebut ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Jeffrey JP. Ia bahkan mengatakan bahwa penyelenggaraan event dunia di Kota Semarang itu menjadi bagian dari kewajiban IMI Pusat untuk menangani event otomotif kelas internasional.

Apa yang diutarakan oleh Jeffrey itu sekaligus meluruskan isu pembatalan event MXGP di Kota Semarang karena adanya penolakan rekomendasi IMI Jateng.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

"Hal ini juga untuk meredam permasalahan yang ada di daerah. Lagipula, memang wewenang PP IMI untuk event internasional," katanya.

"Kami pastikan tetap digelar di Semarang sesuai jadwal (kalender event). Saya kira semua pihak harus memikirkan untuk menyukseskan ini demi kepentingan yang lebih besar," jelas Jeffrey, Rabu (20/3).

Jalankan Perintah Jokowi, Hendi Buka Layanan Terpadu P3DN di Semarang

Sekretaris Jenderal IMI Pusat itu meyakinkan bahwa penyelenggaraan MXGP di Kota Semarang adalah menyangkut harga diri bangsa.

Pasalnya, dengan predikat Kota Semarang sebagai salah satu penyelenggara event MXGP terbaik di dunia, akan berlangsungnya event bertaraf internasional di kota lumpia tersebut sangat dinantikan oleh para rider serta penggemar otomotif di dunia, terkhusus di Indonesia.

"Para rider dunia suka dengan arena balap di Kota Semarang," pungkasnya.

Senada, Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Benk Mintosih pun mendukung kembalinya MXGP digelar di Kota Semarang. Ia yakin keberlangsungan event motocross dunia tersebut memiliki dampak yang besar terhadap perputaran ekonomi di ibu kota Jawa Tengah. 

"Tahun lalu, semua hotel hampir penuh semua. Kalau tidak jadi, maka kerugiannya sangat besar, sebut saja 1.000 kamar dikalikan Rp400 ribu misalnya, dikalikan lagi rata-rata menginap lima malam," paparnya.

"Insan perhotelan suka kalau Pemkot bikin acara-acara yang melibatkan tamu untuk stay lama di Semarang. Upaya tahun lalu sudah cukup bagus," terang GM salah satu hotel berbintang itu.

Adapun dalam website resmi MXGP.com sendiri, Kota Semarang telah tercantum sebagai penyelenggara event seri ke-12 yang direncanakan akan digelar pada tanggal 14 Juli 2019.

Dalam website tersebut juga, seperti tahun kemarin, MXGP masih akan menggunakan track sirkuit motocross yang terletak di Bukit Semarang Baru, Kota Semarang.

MXGP Kota Semarang tersebut akan berlangsung sebelum gelaran MXGP seri ke-13 di Republik Ceko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya