Diperiksa sebagai Tersangka, Rommy Mengeluh Sakit

Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap KPK atas kasus suap seleksi jabatan di Kemenag.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Romahurmuziy mengeluh sakit di hari perdana pemeriksaannya sebagai tersangka suap jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Klaim 40 Persen Pemilihnya Dukung Prabowo-Gibran, PPP Isyaratkan Siap Pindah Koalisi

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan sampai saat ini, Rommy sapaan akrab Romahurmuziy, masih menjalani pengecekan medis.

"Tadi RMY mengeluh sakit saat akan dibawa ke luar Rutan untuk proses pemeriksaan. Sekarang dokter masih sedang melakukan pengecekan," kata Febri kepada awak media melalui pesan singkatnya, Kamis, 20 Maret 2019.

Tak Lolos Parlemen, PPP Tarik Semua Saksinya agar Tak Teken Hasil Pleno KPU

Febri mengaku tak bisa berspekulasi akan tetap dilakukan pemeriksaan terhadap Rommy atau tidak. Dia menuturkan  belum mendapat informasi lebih dari penyidik KPK. "Nanti dipastikan sama penyidiknya apakah hari ini akan dilanjutkan pemeriksaan atau jadwal kembali," kata Febri.

Diketahui, rencananya penyidik melakukan pemeriksaan perdana terhadap Rommy pada hari ini. Bersamaan dengan itu, tim KPK juga akan memeriksa dua tersangka lain, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

Suara PSI Mendadak Melesat, PPP Cium Dugaan Kecurangan dan Ancam Bawa ke Hak Angket DPR

"Keduanya juga akan diperiksa sebagai tersangka," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menyita uang sekitar Rp180 juta dan 30 ribu Dollar AS dari ruang kerja Menag Lukman Hakim usai melakukan penggeledahan, Senin kemarin. Selain itu, tim lembaga antirasuah itu juga mengamankan barang bukti lainnya dari ruang kerja Sekjen dan Kabiro Kepegawainan Kementerian Agama RI.

KPK juga menggeledah kediaman Rommy di Condet, Jakarta Timur, serta ruangan Rommy di kantor DPP PPP, ruangan bendahara dan administrasi DPP PPP. Dari sana, KPK menyita sejumlah laptop dan dokumen.

Kemudian satgas KPK telah juga menggeledah Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Mereka menyita sejumlah dokumen dari kantor Haris Hasanuddin. Tim KPK pun telah geledah kantor Kemenag Kabupaten Gresik, dan menyita dokumen seleksi kepegawaian. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya