Warganet Indonesia Diakui Paling Cerewet se-Dunia

Ilustrasi sejumlah ikon media sosial.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Munculnya ide untuk melarang penggunaan media sosial selama masa tenang kampanye menimbulkan kontroversi. Pengamat media sosial Maman Suherman mengakui netizen Indonesia “paling cerewet se-dunia”.

Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe

Pernyataan itu disampaikan Maman dalam acara Apa Kabar Indonesia di tvOne, Sabtu 23 Maret 2019. Maman mengatakan, satu konten Twitter bisa dicuitkan kembali oleh ribuan orang. Parahnya, tutur Maman, hal itu juga banyak terjadi untuk konten hoax. 

"Bayangkan ratusan konten hoax diretweet oleh ribuan akun," ujar Maman. Ia mengakui, kebohongan lebih cepat menyebar karena menyebarkan kebohongan memang lebih asyik. 

Foto Penampakan Hewan Laut Menyeramkan Ini Sudah Ditonton 12 Juta Kali Dalam Sehari

"Sebenarnya publik harus menyadari, sifat informasi di media sosial adalah jangan langsung dipercaya," ujarnya menambahkan. 

Maman mengusulkan agar Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan aturan teknis dengan peraturan yang jelas. Sebab proses hukum dirasa sudah tidak efektif. "Kominfo bisa mengontrol teknisnya dengan peraturan yang jelas. Sebab dampaknya pada penyebaran bisa seketika. Kalau hanya mengandalkan proses hukum, bisa lama," ujarnya.

Seorang Pria Ditangkap Polisi karena Menyebarkan Foto Asusila Siswi SMP di Kota Malang

Ia menambahkan, meski media sosial di Indonesia sangat gaduh, tapi ini adalah fase bermedia sosial yang harus dilewati. (ren)
 

Mitsubishi Xpander Tercebur ke Selokan Air

Lewati Pembatas Jalan, Mitsubishi Xpander Tercebur Masuk Selokan

Baru-baru ini, terdapat sebuah video di media sosial menunjukkan mobil Mitsubishi Xpander tercebur masuk ke selokan air.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024