Pembukaan MTQ Banten Diklaim Tak Kalah dengan Asian Games

MTQ di Banten.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Gubernur Banten Wahidin Halim, menilai pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Provinsi Banten, yang digelar dikawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang, mirip dengan pembukaan Asian Games 2018.

Bahlil Dukung Pelaksanaan MTQ Antar Bangsa di Banjarmasin, Sampaikan Harapan Ini

Pembukaan Asian Games, yang dilaksanakan pada 17 Agustus 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta menjadi perhatian seluruh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Ajang itu menjadi catatan sejarah bagi Indonesia dengan pembukaan termegah dan penuh nuansa tradisional mulai dari Sabang hingga Merauke.

"Saya rasa Pak Arief (Wali Kota Tangerang) menyontoh dari Asian Games, kalau begini. Nanti saya mau pinjam juga, saya gak mau kalah, saya mau bikin juga di Banten," kata Wahidin, Senin 25 Maret 2019.

Kabupaten Bekasi Bakal jadi Tuan Rumah MTQ Jabar, Pj Bupati Dani: Terus Kita Matangkan

Menurutnya, meski sempat terjadi insiden di mana gapura yang berada diarena MTQ ambruk akibat terjangan angin, tetap tak menjadi halangan. Karena pembukaan yang diikuti oleh empat Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten ini sederhana namun terkesan megah. Di mana, para peserta berjalan layaknya kontingen kemudian diserta dengan musik dari marching band Tangerang.

"Kita sangat berharap penyelenggaraan spektakuler yang megah ini akan menghasilkan hal yang baik dengan mencetak para Qori dan Qoriah yang baik, tidak hanya untuk Banten tapi untuk nasional dan Internasional. Saya lihat juga, MTQ di Sumut (Sumatera Utara) kalah suasana nya dengan Banten dan di sini," ujarnya.

Nuriah Jurian Arga Raih Juara 3 MTQ Internasional di Iran, Harumkan Nama Bangsa

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan pelaksanaan MTQ merupakan salah satu cara mensyiarkan agama Islam di daerahnya. 

"MTQ juga kegiatan syiar Islam terbesar di Banten dengan harapan memperkuat ukhuwah islamiah dan dapat memperkuat kesatuan dan persatuan Indonesia," ungkapnya. (ren)
 

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024